Fido Robinson



Unik. Sebuah film fantasi yang menghibur dengan ide ceritanya. Mendengar kata zombie yang teringat adalah manusia hidup berjalan merambat seperti robot tapi tak bernyawa dan sanggup membunuh manusia. Dan film zombie identik umumnya dengan genre horor karena zombie sendiri identik dengan pembunuh manusia.

Disini ide umum tersebut sedikit digeser, dimana zombie disini diciptakan seperti layaknya budak atau pembantu dan berprofesi layaknya manusia hidup. Bahkan beberapa momen seperti binatang peliharaan. Sebuah ide menarik dimana zombie diletakan sebagai bagian positif dari kehidupan manusia.

Unik. Atmosfir film terasa di film klasik era tahun 50an dengan pernak-pernik cerah, gaya fashion dan mobil klasiknya. Namun dilengkapi dengan teknologi modern era milenium yaitu kalung penjinak serta tombol darurat.

Konflik cerita sepertinya standard saja. Ada gesekan perkenalan karakter antara zombie baru milik keluarga Robinson dengan Timmy, kemudian ada percikan hubungan mesra antara mereka, bahkan dengan Helen sang ibunda Timmy. Kemudian ada konflik perpecahan dan klimaks.

Biasanya yang penulis sering tonton film dengan konsep alur dan konflik seperti ini umumnya sering ada pada animal story. Kemudian disini digeser diganti dengan zombie. Cukup bagus. Dihias cerah pernak-pernik lingkungan kota kecil membuat film ini tak berasa seperti horor zombie. Menurut penulis, film ini unik dengan ide, kreatif, cerah, dan cukup menghibur.

Fido (2006) - 7/10