Biru virus Hijau antivirus


Semua serba "kalau tidak salah". Karena memang lupa-lupa ingat. Penulis dulu pernah memainkan game ini sekitar tahun 2000an, kala itu masih SMU atau kuliah, masa-masa belum punya pemikiran tentang masa depan suram. Jadi, hanya fokus pada hal-hal yang menarik di depan mata. Seperti, game yang dibuat film ini, Resident Evil.

Nice game. Benar-benar game yang sangat berkesan dalam. Kalau tidak salah, dulu pernah memainkan game seri pertama. Seingat penulis, dulu memakai lakon pria, senjata minim, istilahnya one shoot person, pokoknya view game dari mata sang lakon.

Kurang begitu ingat persis, juga tak begitu berkesan, karena di satu sisi tidak pernah sampai berhasil di babak terakhir, pertama sering mati, susah, dan CD game-nya error.

Yang Resident Evil 3, nah ini yang sangat berkesan sekali. Game ini benar-benar luar biasa. Karena mampu membangkitkan nuansa horor lewat sebuah game. Efek tegangnya juga mampu dibangun lewat teka-teki dan monster tinggi besar bawa bazooka. Kaboom!!

Lakonnya wanita. Senjata bisa memilih. Teka-teki lebih mantap. Kalau dari sisi view game-nya penulis kurang ingat betul. Dari situ, bisa penulis simpulkan bahwa di seri ini, sepertinya mengambil tema Resident Evil 3. Karena lakon utamanya wanita. Tapi ternyata keliru, menurut data wiki, film ini justru mengambil tema game RE 1&2.

Akan tetapi, bila dibandingkan dengan game-nya, film ini tidak bisa menyamai aura horor maupun ketegangannya. Penulis pakai patokan RE 3:Nemesis. Lakonnya terasa aneh dengan akting Mila Jovovich. Terlalu ramai karakter, karena di game, lebih terasa horor bila sendirian.

Efek zombie-nya juga biasa, tidak ada kesan horor. Scene per scene storyline yang ditampilkan juga kaku apalagi dengan penambahan cerita asal muasal. Menurut penulis akan lebih bagus bila langsung ke pokok konflik, tidak perlu berpanjang lebar dengan kisah perkenalan.

Harapan penulis, bos musuhnya adalah monster tinggi besar dengan bazooka seperti di Nemesis tapi ternyata seekor mutan hewan biasa.

Keseluruhan, film ini masih "gagal" menciptakan atau mentransfer atmosfir suasana horor menegangkan seperti di game ke dalam cerita film.

Resident Evil (2002) - 5/10