Berbagi rahasia dengan J.Broody


Sebuah film yang cukup menarik. Alur ceritanya menyimpan konflik yang dalam dan dilema besar. Mempertemukan dua bintang watak yang sangat berkualitas yaitu Al Pacino dan Robin Williams (alm).

Film ini tak hanya sekedar mencari jawaban teka-teki siapa pembunuh Kay Connell. Berbeda dengan karya sutradara Nolan yang baru saja penulis simak, Memento, disini alur ceritanya lebih simple.

Kekuatannya terletak pada twist di tengah cerita crime. Dimana secara dilema menempatkan posisi karakter polisi Dormer pada posisi "bersalah" tanpa unsur kesengajaan. Di momen kabut tersebut terasa sekali konflik dan akting watak favorit Al Pacino berhasil menarik tensi ke dalam dilema besar antara mengaku atau menipu.

Efeknya adalah ada perpindahan tensi cerita setelah mengikuti gaya senioritas dan garang Dormer yang sarat pengalaman dalam memecahkan misteri kriminal ke dalam sebuah kegundahan besar hingga tak dapat tidur berhari-hari lamanya. Konflik mencari tersangka kemudian secara cerdas tergantikan dengan konflik personal Dormer.

Tak berhenti disitu, mendengar nama Robin Williams, penulis akan spontan mengingat beberapa judul film yang dibintangi Robin Williams namun kebanyakan akan menyebutkan judul film komedi atau keluarga dimana karakter Robin sangat familiar ke karakter ramah. Di tangan Nolan, tetap Robin berpenampilan "ramah" sebagai Walter Finch namun cerdas dan dingin.

Tidak ada kata lain selain mengakui kualitas karya Nolan disini dan duet watak Al Pacino - Robin Williams. Nice movie.

Insomnia (2002) - 7/10