Why would this guy be standing in the middle of an empty parking lot?


Penulis suka gaya film ini. Simple crime story. Judul simple. Meski merupakan kepanjangan. Tempat konflik, satu. Mesin ATM. Alur cerita juga simple. Basa-basi dulu lalu masuk ke konflik.

Ketika menonton film ini ada dua film yang spontan teringat. Gaya alur film ini sama dengan Frozen. Basa-basi sebentar lalu masuk ke segmen konfliknya. Sama-sama bertiga. Sama-sama terjebak atau stuck. Sama-sama bersetting hawa dingin. Hanya beda motif konflik-nya, bila di Frozen karena human error disini karena faktor human being.

Gaya teror film ini mengingatkan pada Phonebooth. Terornya juga se-simple Phonebooth. Satu tempat, bila berani keluar atau lari, nyawa taruhannya. Untuk menunjukkan keseriusan, perlu ada yang mati.

Si "pemegang kendali" mengendalikan korban di dalam sebuah area berkotak. Sama-sama sebelum terkena konflik, ada segmen melukai perasaan seseorang untuk dijadikan motif. Bedanya di Phonebooth memakai tukang pizza, disini memakai investor asing. Sama-sama cerdas dalam memperhitungkan aksi terornya. Sama-sama absurd dalam motif teror. Sama-sama tidak merampok uang.

Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah mengapa David dan Corey tidak langsung menghadapi bersama. Mereka berdua sedangkan troublemaker nya hanya sendiri. Kalau berada di posisi David, penulis akan lebih memilih cara berlari berpencar (penting sekali kekuatan lari. Apalagi bila sang troublemaker memakai senjata. Makanya jangan merokok terus.) Atau satu-satunya jalan adalah berkelahi bersama. Dua lawan satu. Satu lagi mencari pertolongan.

Lainnya yang menjadi pertanyaan konyol adalah, bagaimana bila ternyata di dalam kotak mesin ATM ternyata polisi tanpa seragam? Atau marinir yang jago beladiri tentunya?

Atau kelak ada parodi film ini yang ternyata kebetulan menjadi korban adalah Dwayne Johnson? Siapa yang bakal ketakutan? Atau korbannya adalah lelaki ras Asia, bertubuh kecil, dan berwajah lugu khas Asia. Yaitu Jet Lee. Wow wow wow, siapa yang bakal tersungkur di aspal? Atau seberapa perlukah kira-kira Dwayne atau Jet Lee "bersembunyi" di balik kotak mesin tarik ATM?

Pesan moral film ini untuk penyedia jasa keuangan mesin ATM seperti ini adalah menyediakan panic button.

ATM (2012) - 7/10