Kunjungan ketiga ke taman Jurassic


Dibandingkan dengan dua seri sebelumnya, kualitas film ketiga Jurassic Park ini sedikit menurun meski menurut data wikipedia film ini meraih box office yang cukup lumayan.

Memakai karakter utama yang sama dengan seri pertama digabung dengan lokasi yang sama dengan seri kedua. Hanya di tangan sutradara lain (bukan lagi Steven Spielberg). Dr.Alan Grant "harus" terpaksa mengulang memori lamanya dengan taman dinosaurus milik John Hammond di daerah Costarica untuk menolong keluarga Kirby mencari sang anak yang telah hilang delapan minggu.

Dari sisi drama cukuplah lumayan. Masih masuk akal alasan kembali ke taman Jurassic. Tidak terkesan mengada-ada. Namun memasuki tengah cerita, mood terasa menurun. Konflik yang ada di film ini terasa padat. Terlalu banyak dan rapat konflik dengan predator purbakala. Drama semakin ke dalam semakin didramatisir sedikit berlebihan. Hampir tidak ada tarikan emosi ke dalam alur cerita. Paling terasa dramatisir berlebih adalah ketika harus menjemput Alan Grant dengan sejumlah pasukan marinir dan angkatan udara lengkap dengan kendaraan serta perlengkapan tempur yang tak ada gunanya.

Animasi, terasa berbeda dengan dua seri sebelumnya. Ketegangannya lumayan. Hanya disini efek animasi terlalu dipaksakan untuk menonjol dan ditebar dalam porsi berlebihan. Berlebihan mungkin akan bagus bila diimbangi oleh detail gerak yang halus, disini terasa sedikit kaku.

Keseluruhan, di seri ini hanya menonjolkan jualan efek animasi yang dipaksa untuk menakutkan. Sering kali adegan membuka mulut lebar-lebar unjuk gigi-gigi besar tajam serta mengaum dengan keras menjadi andalan senjata ketegangan. Sisi megah animasinya kurang terasa kuat.

Jurassic Park 3 (2001) - 5/10