Pembalasan ada di tangan Sang Pencipta


Banyak komentar positif terhadap film ini dan kali ini ikut merasakan kesempatan menikmati indahnya alam hutan, perihnya perjuangan hidup, dan pesan moral kehidupan primitif.

Kesan pertama yang muncul dari film ini adalah Apocalypto. Spontan saja, atmosfir film ini mengingatkan pada kalimat bijak di film Apocalypto bahwa sebuah peradaban hancur justru dari dalam (berperang saudara).

Bagaimana menampilkan suku asli jaman dulu lengkap dengan bahasa asli, hampir sama dengan gaya Apocalypto. Karakter utama mengalami siksaan lahir batin secara fisik dan psikis dengan kehilangan orang kesayangan. Dilengkapi dengan ilustrasi halusinasi yang dialami karakter utama.

Tapi sepertinya siksaan fisik di film ini lebih "perih" sekaligus mungkin menjadi sisi memorable, melawan seekor beruang. Luar biasa. Momen tersebut menjadi pertanyaan bagaimana menampilkan amukan beruang dari jarak dekat. Keren.

Terakhir ada sisi revenge. Balas dendam. Alur ceritanya kurang lebih sama dengan alur cerita di Apocalypto. Hanya disini juga memadukan unsur permainan sudut pengambilan gambar eksotis alam hutan asri yang menyegarkan mata.

Kesan kedua yang muncul adalah Lone Survivor. Mulai dari gaya posternya yang menampilkan separuh wajah. Penampilan fisik wajah Leonardo Di Caprio yang luar biasa berkualitas aktingnya sepintas mirip dengan gaya Mark Wahlberg di Lone Survivor. Terutama dengan konsep para pemain berjanggut. Hanya saja postur Mark lebih berisi mengingat tema Lone Survivor adalah pasukan marinir modern.

Satu hal yang bisa dijadikan pesan moral dalam film ini. Ketika kita dihabisi begitu dalam bagai dikuliti hidup-hidup, waktu musuh mencabik-cabik bagai amukan beruang meninggalkan luka begitu parah hingga di batas garis kematian, dan saat semua kebebasan yang kita miliki dirampas dan dicampakkan, pembalasan tetap ada di tangan sang Pencipta.

Keseluruhan, film ini menarik disimak. Konfliknya tidak begitu berat. Penataan alur ceritanya tidak kaku. Detail suasana pra modern-nya digarap dengan cermat dan mampu mengimbangi kisah perih dengan eksotisme alam.

Two thumbs up for Inarritu, Di Caprio, and Hardys! Two thumbs up for this movie! Great.

The Revenant (2015) - 7/10