Tantangan jagoan kungfu


Selama ini penulis menyukai gaya aksi laga ala Jackie Chan dan Jet Li. Karena mereka berdua sukses menciptakan panutan kerja keras dalam dunia beladiri dan karir akting. Yang patut dicatat juga adalah masing-masing dari mereka mampu menciptakan gaya beladiri serta genre akting yang khas.

Di sela-sela mereka, ternyata ada yang ketiga, meski penulis tergolong terlambat menyadari. Tapi, di beberapa film yang pernah aktor ini bintangi, salah satunya yang fenomenal adalah Ip Man, menunjukkan kualitas akting serta gaya beladiri yang khas. Aktor ini adalah Donnie Yen.

Gaya tarung Donnie ini sekilas seperti keanggunan beladiri aliran Jet Li, tapi tetap terasa ada perbedaan. Terutama soal power dan speed yang ditunjukkannya.

Seperti sajian yang disuguhkan oleh Donnie disini. Konflik ceritanya biasa saja, tak ada yang istimewa. Inti film ini tetap mengandalkan hiburan aksi laga. Seperti yang digambarkan melalui judul filmnya, film ini menceritakan teror berdarah yang menimpa para jagoan kungfu.

Aksi laganya pasti seputar kungfu. Antara drama cerita dan aksi laga disajikan secara berimbang. Dan untuk kualitas hiburan laga beladiri kungfu di film ini, memang keren. Mantab.

Bagian yang paling berkesan adalah petarungan pamungkas di jalan raya yang sedang ramai.

Kungfu Jungle (2014) - 6/10