Perjuangan mendaki impian yang terjal


Film yang memberikan pengetahuan baru buat penulis yang awam soal geografi. Sebelumnya, penulis mengenal sebuah gunung Semeru. Itupun hanya tahu dari pelajaran sekolah tanpa pernah berkunjung ke sana. Atau juga Everest, gunung yang katanya tertinggi di dunia, dan lagi-lagi belum pernah berkunjung ke sana.

Meru, baru kali ini penulis mendengar namanya. Posisi puncak Meru ini ada di sekitaran India. Dan, film ini mengulas tentang impian tiga pendaki yang bermimpi menaklukan puncak Meru. Kisah mereka dimulai dari tahun 2008.

Bagi penulis, keseluruhan kisah yang diangkat masih kurang mengena. Penulis hanya bisa menikmati sisi pendakian yang memang "luar biasa" perjuangannya. Terutama bagaimana harus berdiam dan di tenda "spesial" bergantung. Di luar kisah pendakian, kurang bisa mengikuti alur nya.

Pesan moral film dokumenter ini, bahwa alam memberi pelajaran bagi manusia bahwa jalur impian memang tidak selalu mulus dan rata. Tidak selamanya pencapaian bisa dicapai dengan satu kali percobaan. Semua hanya pada kekuatan manusia untuk mencoba sekali lagi, dan ketika pada puncaknya, sekali lagi berlaku hukum alam destination is nothing but journey is everything.

Meru (2015) - 6/10