Mimpi seorang Aileen Wuornos


Yang pasti membuat ingin tahu mendalam dari sajian film ini adalah based on true story-nya. Tentang kisah seorang wanita yang terlahir di lingkungan keras pada masa lalunya. Wanita itu adalah Aileen Wuornos.

Kalau dibandingkan dengan data di wikipedia, apa yang diceritakan di sini memang tidak mencakup keseluruhan. Juga tidak mungkin merangkum kehidupan seorang manusia dengan durasi hanya 2 jam.

Film ini hanya mengambil sisi awal mula Aileen memasuki babak baru dalam hidupnya. Menjadi lesbian dan mendapatkan pengalaman kekerasan seksual.

Pengalaman pahit Aileen (menurut film ini) di dunia prostitusi dan demi menjalin hubungan dengan kekasih sejenisnya, Selby, merubah Aileen menjadi serial killer.

Sebenarnya konflik dan alur cerita film ini sudah umum. Banyak film yang sejenis. Tapi, ada satu yang istimewa dari film ini yaitu Charlize Theron. Yups, she is the great actress!

Pengaruh film ini bertumpu pada totalitas akting Charlize Theron yang berusaha memerankan karakter Aileen mendekati nyata. Fisik terutama. Dari keseksiannya, Charlize berubah menjadi wanita yang kurang peduli pada penampilan. Rambut kumal tak terurus rapi. Wajah menyeramkan. Badan yang gemuk berlemak.

Dari segi akting, Charlize Theron menampilkan gaya wanita tomboy dengan perilaku kasar. Sadis. Dan berani melakukan adegan intim dengan lawan main, Christina Ricci.

Apa yang telah dilakukan Theron dengan merubah penampilannya dan berakting sempurna demi sebuah karya film, memang patut diacungi 2 jempol. Great actress and awesome.

Monster (2003) - 7/10