Pertarungan demi peta harta karun


Plot cerita film ini sebenarnya sangat sederhana, apalagi sudah dibantu dengan judul film. Tentunya bakal ada sajian 3 kisah karakter utama di dalamnya yaitu Yang Baik, Yang Jahat, dan Yang Aneh. Mereka bertiga ini saling memperebutkan sebuah peta. Sebuah peta yang menuntun pada lokasi harta karun.

Sepanjang penulis menyimak jalan ceritanya, banyak yang menarik di sini. Pertama opening, muncul logo "Mata". Penulis kurang begitu mengingat nama perusahaannya, hanya beberapa kali penulis ingat logo tersebut muncul di beberapa film Mel Gibson. Artinya, ada "campur tangan" Hollywood di film ini.

Kedua, masih di pembukaan film, ada adegan megah yaitu sebuah rel kereta api tunggal di tengah-tengah hamparan padang gurun. Wow! Indah sekali.

Berikutnya, sebuah lagu western (koboi) dengan citarasa Korea dimainkan. Dan memang film ini terasa seperti film Koboi ala Korea.

Ada 3 bintang besar, dan penulis masih bisa mengingat mereka, yaitu Song Kang Ho sebagai Weird. Film-film yang dibintangi Song Kang Ho bagi penulis rata-rata cukup menarik, paling memorable ada di The Host. Lalu, ada Jung Woo Sung yang penulis kenali dari film cinta tragis-nya di A Moment To Remember. Terakhir, ada Lee Byung Hun sebagai Bad. Penampilan Lee Byung Hun penulis kenali lewat film horor psikologis fenomenalnya, I Saw The Devil.

Keseluruhan, film ini komplit. Akting, tak diragukan. Ada sisi komedi meski porsinya kecil dan dimainkan oleh karakter Weird. Sedangkan porsi aksi laga lebih banyak dimainkan oleh karakter Bad dan Good. Dan untuk aksi laganya sendiri, cukup keren. (Mungkin karena ada "campur tangan" Hollywood membuat gaya film ini memiliki paduan manis antara citarasa Korea dan Hollywood).

The Good, The Bad, And The Wierd (2008) - 7/10