Monster Sungai Han


Korea jago buat film romantis, biasa. Korea jago buat film misteri berliku tajam, juga biasa. Kali ini, Korea punya suguhan yang sedikit berbeda, yaitu menampilkan drama animasi.

Konfliknya serius, yaitu tentang pembuangan limbah besar-besaran ke aliran sungai Han, yang berakibat pada tumbuhnya seekor monster sungai.

Dramanya juga serius. Tentang satu keluarga yang terkena imbas pada aksi monster. Seorang Hyang Seo yang masih belasan tahun tinggal sederhana di sebuah warung kecil bersama ayah penjaga toko dan kakeknya. Hyang Seo secara tak sengaja "diculik" oleh sang monster sungai.

Mengetahui bahwa Hyang Seo masih hidup, ayah Hyang Seo - Gang Du- bersama kakek dan paman pengangguran plus pemabuk, serta bibi atlet pemanah kemudian mencari dan menuntaskan sang monster.

Drama yang ditampilkan sangat luar biasa. Indah. Babak pencarian Hyang Seo disini cukup menarik diikuti tanpa harus berbelit-belit. Ada drama manis sekaligus drama pahit. Campuran manis-pahit tersebut diolah dengan sentuhan cerita yang pas, tidak saling menindih dan tidak terlihat memaksakan dramatis sekali.

Animasinya? Lumayan. Cukup halus dan mampu menampilkan setiap detil dengan baik.

Menariknya adalah, di sela-sela tragedi yang menimpa keluarga Hyang Seo, di antara pecah tangis histeris dramatis, masih sempat-sempatnya ada selipan demi selipan komedi kecil. Ini yang membuat citarasa film ini menjadi berkesan dalam. Animasi jempolan, drama manis-pahit, komedi segar.

Bagi penulis, ada dua tokoh yang berpengaruh besar bagi kekuatan film ini. Yaitu Song Kang Ho sebagai Gang Du, ayah Hyang Seo. Dan Go Ah-Sung sebagai Hyang Seo-nya. Akting mereka benar-benar menghibur sekaligus menarik. Gaya Song Kang Ho disini cukup kocak dan sedikit konyol namun berkesan karena rasa sayangnya kepada sang anak. Lalu, gaya akting "dewasa" Go Ah disini cukup memikat, paling berkesan bagi penulis adalah momen saat meraih gantungan tali.

Two thumbs up for this movie. Great!

The Host (2006) - 8/10