Gelombang serbuan virus mayat hidup


Salah satu alasan utama memilih film ini adalah faktor Brad Pitt tentu saja. Awesome and he tooks name "Gerry" for his character..uhhuy.. Ya, memang cocok banget Pitt memakai nickname Gerry disini. Meski sekilas justru penampilan Pitt malah lebih mirip Kurt Cobain.

Mengikuti jejak cerita disini mengingatkan penulis pada dua film yang lain yaitu War Of The World -nya Tom Cruise dan I Am Legend dengan Will Smith.

War Of The World dan World War Z, dari judulnya hampir mirip. Lalu faktor seorang ayah bersama keluarga melarikan diri dari kehancuran kota. Kurang lebih sama konfliknya.

Tapi, yang jauh lebih mirip lagi adalah gaya Will Smith di I Am Legend. Karena di I Am Legend, juga menggunakan zombie pandemic sebagai konflik utama.

Film ini berjalan tanpa banyak basa-basi untuk menyajikan konflik utama. Tidak perlu berlama-lama, langsung action. Dan, suasana chaos di New York ini menjadi salah satu adegan spesial, permainan efek visual chaosnya cukup bagus.

Moment lainnya yang buat penulis terasa bagus detailnya adalah "gelombang zombie" yang menyerbu Israel. Hebat. Menyisakan sebuah pertanyaan simple, bagaimana caranya membuat efek zombie "kolosal" menyerbu membabi-buta? Luar biasa cantik.

Versi penulis, I Am Legend lebih memiliki unsur emosional ketimbang film ini. Lebih simple dan lebih fokus. Situasi yang dimiliki Will Smith lebih dramatis. Hanya bersama seekor anjing di kota mati. Bahkan semakin dramatis ketika anjing kesayangannya yang setia menemani di kota mati New York, harus "dimatikan".

Tapi tidak disini. Disini penampilan karakter Gerry terkesan lebih beruntung. Karena tidak berada di kota mati. Lebih "ramai" aksinya. Minus sisi dramatis karena tidak ada orang "terdekat" Gerry yang menjadi bahan melankolis-asi cerita.

Bahkan karakter Gerry ini juga terasa "sangat kuat", untuk menyelamatkan umat manusia, Gerry harus terbang melintas samudera menuju Korea-Israel-dan Inggris mencari obat penawar virus zombie. Bahkan ketika mendarat darurat di Inggris ajaibnya Gerry masih segar meski sudah tertusuk besi. Dan, semua perjalanan antar benua itu dilakukan "relatif singkat".

Kalau dilihat, konflik cerita War World ini "terlalu rumit". Belum mampu meminimalkan cerita seperti layaknya I Am Legend. Kesan yang tertangkap dari film ini adalah menyajikan hiburan spesial efek yang megah dan ketegangan moment "hampir sedikit saja.."

World War Z (2013) - 6/10