Melawan kehadiran Bathsheba


Sebelumnya banyak rumor yang terdengar, banyak tulisan mengenai film ini. Bagi penulis, sebuah film yang baru rilis lalu banyak pembicaraan di media, umumnya membawa sesuatu yang "segar". Tak selalu ulasan positif, tapi juga banyak tak positif.

Satu lagi yang membuat film ini menarik adalah tag based on true events. Kategori yang menjadi favorit penulis selama ini.

Dan sekarang, done. Selesai menyimak. Menurut penulis, bagus di awal. Bangunan nuansa horornya menarik. Mengingat sutradara di balik film ini adalah James Wan, maka tak heran suasana Insidious pun "terbawa". Baik itu gaya horor, adegan kejutan-nya yang menguras emosi, hingga Patrick Wilson.

Horor yang disajikan di awal, cukup merinding. Dan, meski tanpa harus memaksa "menghadirkan" sosok apapun, nuansa horor sudah terbangun apik.

Memasuki babak sedikit ke tengah film, kemudian dipertegas dengan kehadiran makhluk di atas lemari, emosi film mulai berkurang bagi penulis. Gaya segar horor yang diharapkan pelan-pelan sirna.

Ternyata, masih memakai gaya mainstream, yaitu dengan memunculkan sosok bermake-up menyeramkan dengan keahlian ilmu ringan tubuh alias terbang sana-sini. Kemunculan demi kemunculan, penampakan demi penampakan yang dihadirkan juga mainstream atau sudah umum, tiba-tiba di belakang, tiba-tiba di jendela atau adegan jemur sprei.

Lalu, menurut penulis juga, kemunculan dengan membanting pintu atau menarik kaki, sepertinya sudah banyak dilakukan di film lain.

Proses investigasi yang dilakukan Ed dan istrinya, juga terasa "modern". Kalau di Paranormal Activity, dipasangkan CCTV di beberapa sudut rumah, disini pun juga demikian tapi tentu saja dengan model kamera foto biasa dan lawas yang masih meledak ketika memotret. Adegan investigasi ini bagi penulis terasa menggelikan karena rasa modern-nya.

Keseluruhan, film ini masih belum bisa menampilkan horor segar seperti yang dilakukan Paranormal Activity 1. Dimana di Paranormal Activity tidak menampilkan sosok menyeramkan tapi sudah mampu membangun horor dengan apik. Terobosan Paranormal Activity untuk penulis hingga saat ini masih yang terbaik, semoga kelak berikutnya (sekuel boneka kayu di lemari ruangan milik Keluarga Warren, bisa memberi kesegaran anyar.

Setelah melihat film ini, penulis mencoba menelusuri data film. Penulis tertarik pada pasangan Ed dan Lorraine Warren yang ternyata kasus-kasus paranormal mereka telah diangkat ke layar lebar. Yang sudah penulis simak antara lain, Amityville Horror dan Haunting In Connecticut.

The Conjuring (2013) - 6/10

No comments:

Post a Comment