Ketika jiwa tersesat dan tak bersetubuh


Jualan pertamanya adalah penambahan kata Paranormal Activity di sampulnya.

Berkisah tentang pengalaman supranatural yang menyeramkan dialami oleh keluarga kecil Lambert. Josh dan Renai mendapatkan anak tertuanya, Dalton, tertidur lalu koma.

Dari segi kedalaman cerita terasa lumayan. Cukup bagus. Setidaknya bukan hanya dengan satu lapisan namun lebih dari satu lapis cerita. Penempatan horor juga tidak berlebihan. Hanya penampilan horornya yang bagi penulis terlalu fantasi. Dari awal, baik cerita maupun horor yang dipadukan ke dalamnya sudah menarik emosi. Namun, babak Elise serta perjalanan mimpi membuat penulis kurang menarik. Terlalu "ketinggian". Belum lagi ditambah penampakan di dunia lain, kurang natural rasanya.

Paling menonjol dan paling hebat dari film ini adalah bagian horor yang dibuat untuk kagetan kejutan-nya. Plus semakin membuat seram adalah scoring musiknya yang bergelombang serta masuk keras pada bagian penekanan untuk membuat suasana heboh. Horor dengan gaya sekejap tiba-tiba serta scoring-nya sukses membuat penulis mengumpat melonjak meski sudah lebih dari dua kali menyimak.

*** Paling memorable adalah bayangan lelaki berjalan bolak balik di jendela kemudian menoleh dan bang!!! Sukses sekali merinding kaku di tempat.

Insidious (2010) - 7/10