Cinta Lolita yang dilarang realita



Film yang berkisah tentang cinta terlarang. Melihat gaya Dominique Swain disini, penulis jadi ingat gaya Ellen Page di Hard Candy. Bedanya di Permen Keras nada ceritanya ke kriminal, disini murni drama.

Adalah seorang Humbert yang pada masa belia nya memiliki pujaan hati. Namun, sayang sang pujaan hatinya tersebut meninggal dunia. Cinta Humbert terbawa hingga dewasa dan bertemu dengan Lolita, seorang gadis yang masih belasan tahun.

Konflik yang dihadirkan cukup menarik dan berliku cukup panjang. Kisah cinta antara "ayah-anak" ini berjalan unik. Tarik ulur. Antara ada tiada. Ada cinta namun terasa janggal karena mereka adalah ayah dan anak. Terasa tiada karena memang Lolita lebih memilih pria lain yang notabene juga berusia seperti ayahnya.

Konfliknya menjadi "lucu" dalam tanda kutip. Aneh. Janggal. Dan, yang menjaga irama film tentu saja akting Dominique Swain yang lumayan berkelas. Gaya karakter Lolita disini sangat unik, sedikit out of box layaknya gadis belia pada umumnya.

Meski judulnya identik dengan konotasi perilaku seksual "tidak umum", dan alur cerita serta konfliknya sendiri memang radikal, tetapi tidak sevulgar demikian. Beberapa moment panas "pancingan" memang pasti ada, namun tidak vulgar terbuka. Hanya menggoda lewat saja dan atmosfirnya lebih ke drama biasa.

Lolita (1997) - 6/10