Donna Mauer is missing


Yang membuat penasaran dengan film ini awalnya adalah nama Ellen Page. Penulis pertama mengenal penampilan Ellen Page pada American Crime, yang seingat penulis disitu Ellen bermain sebagai korban kekerasan dalam keluarga.

Penampilan tersiksa Ellen di American Crime memang berkesan. Kemudian berlanjut ke film drama remaja yang cukup unik, Juno. Dan, lagi, Ellen menampilkan akting yang cukup enak diikuti. Dan, sekarang di Hard Candy. Yang justru berbalik 180 derajat dari film American Crime.

Dari segi cerita, film ini langsung membuat drop mood. Pertemuan antara karakter Jeff dan Hayley, jujur saja "di luar dugaan". Terlalu jauh untuk sepasang teman mesra chatting. Karena terlihat lebih pas seperti ayah-anak. Kedua, momen meja operasi dadakan. Momen ini benar-benar membuat ngilu sekaligus mood drop lebih dalam. Ketiga, keseluruhan tema dan gaya film ini terasa kurang bisa "ditangkap" dengan pas.

Hanya saja, yang unik dari film ini adalah gaya minimalisnya. Karakter utama hanya dua. Pelengkapnya dua namun sangat kecil porsinya. Lokasinya sebagian besar habis di sebuah rumah yang bernuansa seniman.

Konflik yang dihadirkan juga terasa tidak biasa. Baru terlihat jelas menjelang ending. Di luar konflik yang tak biasa tersebut, penulis memang tertarik dengan gaya Ellen Page. Disini Ellen lagi-lagi meninggalkan kesan akting yang dalam. Penampilan "sadis gila" nya memang sangat berani dan bagus. Membuktikan bahwa Ellen adalah aktris dengan kualitas akting yang mumpuni untuk lintas karakter.

Hard Candy (2005) - 6/10