Smooth criminal ala Ocean's Team


Kalau disimak, antara Expendables, Fast Furious, dan Ocean ini punya satu garis kesamaan. Yaitu film yang mengandalkan kerjasama tim. Bermain di area banyak bintang yang ditaburkan, kemudian diolah dengan citarasa dinamis.

Posisi George Clooney, kurang lebih seperti Stallone di Expendables. Lalu posisi Brad Pitt disini setara dengan Walker di Fast Furious sebagai second person atau Statham di Expendables.

Dalam satu ditabur bintang dari berbagai ras dan warna kulit berbeda, untuk menunjukkan sisi unity. Misal, dari Asia disini di plot karakter sirkus, Yen. Kalau di tim Stallone ada Jet Li.

Dalam ketiga film ini sama-sama mengandalkan banyak nama besar, juga sekaligus bintang-bintang tamu yang menghibur dan sama-sama diletakkan di luar tim utama. Contohnya disini, di luar tim ada Julia Robert, ada Andy Garcia, Joshua Jackson sebagai cameo.

Kalau di Expendables, menggabungkan kerjasama tim dengan aksi laga, begitu juga di Fast Furious, disini adalah versi soft nya. Lebih halus. Disini lebih mengandalkan teknik kepandaian masing-masing karakter. Minus otot, laga kejar-kejaran. Dan diantara ketiganya, disini atmosfirnya sangat "santai". Fast Furious terasa serius dengan drama konfliknya. Expendables cenderung dicampur dengan aroma santai, sedangkan disini total santai.

Rumit konfliknya, apalagi mengatur 11 anggota Ocean di posisi-nya masing-masing, tapi irama cerita tetap terjaga menarik disimak. Bagus. Asyik. Menghibur.

Dari sekian banyak karakter, paling suka karakter Rusty!! Selalu ngemil all the time. Santai sekali gayanya. Nice.

Totally great movie.

Ocean Eleven (2001) - 8/10