Inspirasi dari Curtis Jackson


Bila dari sudut film, lebih terasa seperti dokumentasi singkat biografi sendiri oleh 50Cent. Pendapat penulis, mungkin akan lebih terasa kuat bila divisualkan seperti layaknya dokumenter minus visualisasi kartun-nya seperti di Get Rich or Die Tryin'. Lebih menarik bila mereka yang pernah dekat ikut memberi testimoni seputar 50Cent. Kemudian ditambah rekaman asli di atas panggung, studio, atau juga video clip. Akan jauh lebih menarik lagi, bila Dre ikut memberi testimoni. Jauh lebih menarik lagi, bila Eminem ikut ber-testimoni dan diberi porsi sedikit lebih luas.

Bagaimanapun juga, mungkin film ini dapat dijadikan referensi inspirasi kita. Banyak hal positif-tergantung sisi pandang masing-masing- yang bisa dipetik dari film ini.

50Cent, salah satu selebritis kelas dunia yang tak malu mengumbar kehidupan masa lalunya. Tidak mengenal ayah kandungnya, ibunya mengandung dirinya di usia 15 Tahun. Ibunya bertahan hidup dengan menjadi pengedar obat terlarang yang kemudian diikuti oleh sang anak sendiri. Keluar masuk penjara di usia belia. Menjadi mafia obat terlarang dan sukses. Ditusuk dan ditembak dengan banyak peluru. Itu adalah masa lalu. Masa lalu yang membentuk 50Cent saat ini. Bahwa kesuksesan tak memandang siapa atau juga masa lalu dan 50Cent membuktikannya.

Pelajaran lain dari sini, jadilah yang asli. Disini 50Cent mengajarkan bahwa banyak industri musik rap yang memproduksi hal-hal berbau gangster atau bergaya layaknya gangster, namun 50Cent mengklaim dirinya adalah gangster sejati yang bermusik.

Jangan hobi menjadi follower karena akan selamanya terseret arus tetapi jadilah pemimpin atau keluar dari arus.

Menyaksikan masa lalu 50Cent yang hitam kemudian berubah menjadi rapper, aktor, dan pengusaha sukses, semoga film ini bisa menjadi cambuk semangat inspirasi bagi jiwa yang sedang terpuruk.

50Cent Refuse 2 Die (2005) - 6/10