Kesalahan di mata hukum, kebenaran di mata manusia


Sendu. Atmosfir film yang terasa adalah sendu suram. Dibandingkan dengan Panic Room atau Flightplan, penampilan cerita Jodie disini masih kalah. Disini konfliknya terlalu layu. Kurang semangat kurang mantab. Pemasangan Terrence Howard kurang banyak membantu bahkan menurut penulis, ada tidak adanya karakter Mercer disini tidak begitu berpengaruh.

Inti ceritanya adalah pembalasan kasus perkosaan, namun di sela waktu pembalasan, karakter Erica Bain meluangkan waktu "berlatih" mental menembak pelaku kejahatan. Alur cerita mengisi waktu luang disini yang membuat kurang menarik karena karakter Erica sejak tragedi-nya tidak terlihat begitu "mengejar" sang pemerkosa dirinya dan pembunuh kekasihnya. Pertemuan antara Erica dan karakter jahatnya pun akhirnya dipertemukan dengan gaya "kebetulan" oleh detektif Mercer bukan usaha keras Erica.

Pesan film yang tertangkap adalah berusaha menampilkan dan mengajak menikmati sudut pandang yang penuh dilema. Antara kesalahan demi membela sebuah kebenaran.

Mungkin akan lebih menarik bila konsep cerita berpusat pada karakter Erica mengejar pelaku kejahatan pada dirinya saja tanpa berbanyak "basa-basi" membasmi pelaku kejahatan yang tak terkoneksi pada kasus Erica.

The Brave One (2007) - 6/10