Demonic of myself


Fight Club. Cukup lama penulis tahu judul dan posternya. Nilainya fantastis. Dan, sekarang kesempatan bisa menyimak film ini.

Sejauh perjalanan cerita, penulis hanya paham twist-nya saja. Sedangkan dari awal, justru bingung. Penulis kurang begitu tinggi memahami bahasa dialog serta simbol konsep cerita setiap adegan film ini. Seperti memiliki makna yang dalam.

Pada momen twist baru bisa penulis pahami. Model Sixth Sense bagi penulis. Menurut penulis, film ini hanya mengajak merenung bahwa sejatinya setiap orang pasti memiliki alter ego. Atau sesuatu kepribadian yang diinginkan, penulis suka menyebutnya sebagai alter ego.

Tergantung bagaimana kita "merawat" alter ego tersebut. Dan disini digambarkan bahwa karakter yang diperankan Norton termasuk salah rawat alter egonya hingga "merusak" kepribadian. Pada bagian self destruction inilah yang kurang begitu sejalan dengan selera penulis.

Dan, film dengan konsep cerita seperti ini memang meninggalkan kesan tersendiri. Lebih tepatnya muncul penasaran kembali rewind dan melihat sekali lagi apakah benar sepanjang film Brad Pitt tak berdialog dengan siapapun?

Bila memilih, penulis lebih suka gaya alur Sixth Sense yang lebih ringan dialog dan isi ceritanya dari awal.

Fight Club (1999) - 6/10