De profundis clamo ad te domine


Sebelumnya, di tangan M. Night Shyamalan, Mel Gibson menjadi "lembut" di Signs. Kini giliran John McClane yang disulap M. Night Shyamalan menjadi lembut. Dan, seperti di Mercury Rising, Bruce juga berpasangan dengan bocah berbakat, Haley Joel Osmont.

Harus diakui, penulis menikmati twist film ini. Luar biasa. Mengejutkan memang. Karena dari awal, penulis hanya bisa meraba dan bertanya, "kenapa datar-datar saja". Alur ceritanya membuai kantuk. Tanpa gelombang apa-apa. Pelan. Apalagi didukung kuat oleh penampilan karakter Bruce disini sangat lembut dan kalem. Luar biasa kalem.

Ada nuansa horor yang ditampilkan lewat mata Cole Sear, tapi biasa saja. Tidak terlalu menonjol dalam menampilkan horor. Bahkan membuat semakin membingungkan dengan tampilan horornya.

Petunjuk timeline story the next fall, sebenarnya sudah membuat curiga, apalagi dengan nama Vincent Gray yang ditunggu-tunggu namun tak kunjung muncul. Penulis kali ini memang terkecoh. Banyak "petunjuk" sebenarnya tapi luput ditangkap. Nice and great movie.

The Sixth Sense (1999) - 7/10

No comments:

Post a Comment