The truth behind Silver Star


Film dokumenter yang sangat menarik. Kuat. Menggetarkan.

Adalah Pat Tillman yang "terpanggil" untuk menjadi serdadu untuk negaranya di Afghanistan. Kisah kepahlawanan? Bukan. Sebaliknya yang ada disini adalah kisah duka. Pat Tillman kembali ke kampung halamannya sebagai fallen soldier.

Disambut oleh seluruh kota dan dirayakan dengan upacara penghormatan militer yang cukup megah. Wajar bila mengingat sebelumnya, Pat Tillman adalah seorang american footballer yang cukup terkenal dan memiliki kontrak besar.

Bagian tragis dari kisah Pat Tillman inilah yang penulis suka. Bagaimana film dokumenter ini menampilkan mereka yang pernah dekat dengan Pat menceritakan kebenaran tentang tragedi kematian Pat di Afghanistan. Tentu saja menceritakan kebenaran apalagi dalam kasus Pat seperti ini bukanlah hal yang mudah atau gampang. Tentu akan sangat "sulit". Karena menyangkut nama baik instansi militer sekaligus para petinggi militer.

Cukup bagus. Berani. Film ini secara urut menceritakan tragedi Pat dari sekian banyak sudut pandang dan rapi. Siapa, kapan, bagaimana, mengapa, dan apa yang terjadi dibalik bintang medali Silver Star.

The Tillman Story (2010) - 7/10

No comments:

Post a Comment