Industri Masturbasi


Sebuah film dengan konflik yang cukup padat berliku dan kompleks bercabang menjadi satu kesatuan.

Film berdasarkan kisah nyata setidaknya itu yang dilansir di bagian intro film. Mencoba bercerita sekaligus memberi pelajaran tentang kesuksesan. Sukses tidak melihat latar belakang atau moral seseorang. Semua orang memiliki kesempatan untuk sukses. Sukses itu adalah menjual apa yang orang sukai atau cari. Itu yang digambarkan melalui karakter Buck dan Wayne.

Kemudian sukses adalah seni mengelola apa yang sudah diraih. Itu digambarkan melalui karakter Jack Harris. Namun, kesuksesan akan menjadi bumerang buruk bila dilakukan dengan orang yang salah. Kesuksesan juga akan menjadi sia-sia bila digunakan untuk hal yang kurang produktif atau berfoya-foya dengan mereka yang mendewakan uang.

Meski ceritanya sedikit berat dan kompleks tapi dengan sudut pandang lain film ini cukup memiliki pesan. Mungkin bila dipandang sudut moral isi film ini akan dinilai keliru atau salah, tapi bukan masalah akhlak atau moral melainkan ide peluang ketika belum menjadi trend. Bagaimana melihat peluang yang lalu diwujudkan ke dalam aksi, tidak hanya berdiam diri.

Middle Men (2009) - 6/10