Hikmah tamu luar angkasa


Film ini dulunya sempat heboh. Tentu saja trademark film ini adalah simbol di ladang.

Kalau di media umum, kehadiran mereka ditandai dengan piring terbang, atau juga memakai gaya pesawat bulat besar yang mengambang di udara, lalu berkilau, dan memancarkan cahaya untuk menyedot. Itu umumnya. Disini M. Night Shyamalan memberi warna lain.

Wujudnya hampir sama. Tapi cara memunculkannya yang menjadi daya pikat. Tidak mentah langsung berwujud muka segitiga, mata lonjong, badan melekuk. Tapi dibuat dengan kejutan juga dilengkapi dengan pengambilan gambar yang berbeda misal dengan menyorot bentuk jari yang berbeda dari manusia tanpa harus penampakan full body.

Jalan ceritanya tidak rumit, hanya dialog terasa sering penuh makna dalam. Serius. Alur cerita seperti mengendap-endap. Pelan. Disini di film ini ada 4 tokoh utama, Graham, adiknya Merril, anak Graham - Morgan dan Bo, hampir memakai gaya akting yang senada. Kalem. Sendu. Menerawang. Freeze the scene. Dialog juga kadang terasa penuh makna dalam.

*twist-nya, sebenarnya drama. Fokus lebih ke pergulatan kepercayaan karakter Graham yang kecewa kepada Tuhan dengan meninggalnya sang istri tercinta.*

Signs (2002) - 6/10