6 < ~ \ S • ( # ; i 9 M | ± @ o » 5 N > ] + 8


Seorang anak autis dengan masalah dalam bersosialisasi dikaruniai bakat terpendam kecerdasan memecahkan teka-teki puzzle. Akan tetapi keahliannya itu menuai teror dari pihak militer.

Yang menonjol dari kesan film ini adalah kekuatan chemistry akting Bruce Willis dan Miko Hughes. Bruce Willis meski tampil sebagai agen FBI yang "bermasalah" tapi tidak mengadaptasi seratus persen dari John McClane. Masih ada sedikit beda antara disini dan Die Hard. Perbedaan terbesar adalah kali ini sang John McClane mendapatkan anak asuh 9 tahun yang sedang diburu oleh pihak penjahat.

Standing ovation untuk penampilan Miko Hughes yang sangat luar biasa. Salut. Gayanya menarik. Line dialog Miko meski harus dibuat datar tapi ditampilkan dengan gaya yang pas.

Formula alur film ini standard saja. Tidak terlalu berat. Intro perkenalan karakter dilanjutkan ke konflik antara anak autis dan detektif, lalu masuk ke konflik besarnya.

Penulis sempat missing story untuk bagian kode-kode dalam puzzle. Kode apa dan apa fungsi atau sebagaimana pentingnya kode tersebut, penulis gagal pahami. Alur cerita antara Bruce dan Miko sebenarnya sudah cukup kuat, tema kaitan dengan kode militer disini terasa "ketinggian". Mungkin dengan tema kejahatan biasa akan lebih mudah dicerna. Penulis juga merasa karakter Stacey disini kurang kuat keberadaan dan pengaruh dalam alur cerita.

Mercury Rising (1998) - 6/10