Napak tilas Ia Drang


Film ini termasuk salah satu film yang berkesan bagi penulis, alasannya film ini dulu susah didapatkan di rental-rental langganan. Menarik tentu saja karena diangkat dari kisah nyata, yaitu tentang tragedi peperangan Ia Drang, Vietnam.

Bagian awal yang bagi penulis agak berat mengenai motif peperangan itu sendiri. Memasuki babak perang, terasa "kacau". Random. Karena memang digambarkan peperangan terjadi dari jarak dekat. Konsep cerita seperti "membalikkan keadaan". Yang sebelumnya terdesak kemudian membalas maju memukul mundur.

Dari konteks cerita, memang pasti akan ada dramatisirnya dan pada beberapa adegan memang sedikit terasa berlebihan. Tapi ada juga adegan yang memang memancing sisi emosional. Penulis paling suka adegan keberangkatan prajurit ke medan dengan iringan soundtrack yang nyaris accapella.

Namun, ada pertanyaan tersendiri dari film ini. Penulis sedikit heran dengan bagian klimaks peperangan dimana sebuah helikopter perang AS (bukan helikopter medic - Snake) bisa "memukul" sekian banyak prajurit Vietnam, pertanyaannya adalah kenapa tidak di awal peperangan helikopter itu digunakan. Entah kenapa, penulis juga kurang sreg dengan dihadirkannya sosok-sosok jurnalis disini.

We Were Soldier (2002) - 6/10