Jangan biarkan orang lain berkata bahwa kamu tidak dapat melakukannya



Bicara tentang film ini mungkin hanya kata luar biasa. Awesome. Tidak hanya bercerita tapi juga mampu memunculkan banyak pesan moral jika memandang dari sudut pandang positif.

Tentang Chris Gardner. Dan Chris Gardner sendiri pun merupakan sosok nyata. Jujur saja, penulis kurang tahu siapa Chris Gardner atau prestasinya. Namun, yang dimunculkan di film ini adalah prestasi Chris melampaui masa sulitnya sendiri.

Film ini sukses memunculkan kisah inspiratif dengan grafik cerita yang emosional dan rapi. Grafik cerita Chris berjalan setapak demi setapak menurun hingga ke dasar keterpurukan. Yang kemudian diangkat pelan-pelan menanjak hingga ke sebuah bagian kecil dalam hidup yang disebut Happiness.

Uang tidak mampu membeli kebahagiaan tetapi tanpa uang jangan berharap ada kebahagiaan. Itu adalah pepatah umum. Film ini memang terlihat seperti itu, namun hook terakhir adalah bukan hanya nominal uang yang membuat Chris bahagia menangis terharu, tetapi sebuah kata sambutan tomorrow is your first day, welcome....

Dari sisi jalan cerita tidak hanya mampu menarik minat tetapi juga emosi. Perjalanan cerita dimulai dari titik rendah kehidupan Chris yang serba kekurangan namun tetap survive. Ditinggal istri hingga harus tidur di toilet stasiun kereta api. Jalan cerita yang "halus" dan rapi. Tidak terlalu cepat juga tidak lambat hingga membuat kantuk. Bagian-bagian kecil hidup Chris dimunculkan satu-satu demi satu meski penulis yakin kisah sebenarnya bisa jadi tidak sedramatis dalam film atau bahkan jauh lebih memprihatinkan.

Peran akting Will Smith dan koneksi akting sang anak Jaden Smith sangat banyak membantu terbangunnya kisah yang menarik ini. Sangat natural.

Bagaimanapun juga, keseluruhan film adalah kisah yang sangat menggugah, menghibur, dan inspiratif. Two thumbs up for this movie. Love it!

Pursuit Of HappYness (2006) - 8/10