Catatan inspirasi dari cerita Chris Gardner


Setelah menyimak film Pursuit Of Happyness penulis merangkum sendiri beberapa pesan moral yang berkesan sekaligus inspiratif di dalam kisah Chris Gardner,

- Tak patah arang. Fight fight fight. Don't give up. Bisa? Sesuatu yang sulit. Sesuatu yang hanya dilakukan oleh kekuatan hati tertentu. Mengucapkan lebih mudah ketimbang melakukan.

- Don't let anybody tell you that you can't do something. Ini adalah pesan Chris kepada anaknya Christopher. Its awesome advice.

- Jujur. Pada saat sesi interview Chris tiba dengan baju lusuh penuh bekas cat dan tidak mandi karena baru saja ditahan pihak kepolisian masalah pajak. Dan, cemerlangnya adalah Chris tampil apa adanya. If you ask me then I don't know the answer, I'll tell you that I don't know but... I'll find the answer then. Dan memang hampir sepanjang film, karakter jujur Chris ini cukup tergambar dengan baik.

- Berkorban. Mengingatkan pada gaya Denzel W pada John Q. Pengorbanan ayah untuk sang anak. Pada film John Q, pengorbanan ayah dilakukan dengan kriminal tapi disini dengan olahraga. Disini beberapa kali terlihat bagian Running. Run Run Run. Demi apa? Tentu saja untuk sang buah hati. Paling sangat berkesan adalah ketika Chris pontang panting mengejar janji temu dengan Pension Fund CEO Walter Ribbons. Sangat emosional.

- Menarik. Ada sebuah dialog oleh Christopher kepada Chris, yang diterjemahkan, ada seorang tenggelam di lautan. Sepertinya orang ini merupakan orang yang taat ber-Tuhan dan fanatik. Dia berdoa dan dia percaya bahwa Tuhan akan datang menolongnya. Satu kapal menghampiri dan mencoba menolong ditolaknya. Tak lama kapal lain menolong, juga ditolaknya. Kemudian lelaki itu tenggelam, mati, dan masuk surga. Di surga, lelaki ini bertemu Tuhan, "Tuhan mengapa Engkau membiarkan aku tenggelam? Bukankah aku sudah percaya. Bukankah aku juga sudah berdoa seperti ajaran-Mu. Tapi mengapa Engkau tak menolongku?" protes lelaki ini dengan emosi. Jawab Tuhan kepada lelaki ini, "Aku sudah mengirimkan dua kapal untukmu,......" Titik-titik tersebut bisa diisi apa saja yang sesuai.