Lihatlah Ayahmu


Penulis ingat mendapatkan film ini setelah puluhan tahun rilisnya, memang sangat sulit (setidaknya di kota asal penulis). Beberapa rental yang penulis datangi tidak memiliki lagi jejak film karya Nick Cassavetes ini. Beruntung penulis menemukan sebuah rental klasik/lawas di pojok kota yang memiliki jejak film jadul cukup banyak. Awesome.

Ketika menyimak ulang film tahun 2002 ini, film ini seolah berkata "Look at your daddy..." Lihatlah (perjuangan) ayahmu. Menggetarkan sekali. Mungkin ayah kita bukan siapa-siapa di dunia. Bukan politikus, bukan selebritis, bukan Donald Trumph, atau juga bukan David Copperfield. Ayah kita adalah pejuang. The Real Warrior for us. Penulis flashback ke masa kecil dan teringat tema film ini ketika masa kecil dan jatuh sakit.

Denzel Washington? Absolutely great actor. Dengan kekuatan aktingnya, film ini menjadi menonjok dan nendang. Perjuangan Denzel sebagai John Q yang rela berkorban demi anak kesayangannya mampu membuat penulis betah menyimak film ini hingga kredit akhir.



John Q (2002) - 8/10