No dream is too big


Dulu penulis hidup di era jaya kaset album Michael Jackson yang bertajuk HIStory. Hampir semua lagu di album tersebut baik album HIStory, penulis menyukainya. Di salah satu lagunya, This Time Around, Michael menampilkan guest star rapper bernama The Notoriuos B.I.G. Meski tak mengenal sosok ataupun lagu-lagu dari rapper yang bernama asli Christopher Wallace itu, nama The Notorious B.I.G. tetap teringat.

Film ini merupakan sepenggal kisah hidup dari rapper The Notoriuos B.I.G. Dikenal sebagai rapper kondang bergelimang harta namun dibalik kehidupan ekslusifnya latar belakangnya menyimpan banyak masalah.

Selain kurang familiar dengan lagu karya The Notoriuos B.I.G. yang penulis tangkap adalah alur ceritanya terasa kaku. Kurang luwes. Lompatan kisah dari satu masa ke masa berikutnya berjalan dalam porsi kecil-kecil dan cepat.

Alur cerita juga seperti klise. Kurang terasa feel kerja keras, perjuangan, serta titik balik yang kuat. Yang ditangkap dalam film ini adalah masa kecil Christopher yang pemalu lalu bertumbuh dewasa menjadi pengedar narkoba bergelut dengan dunia hitam bahkan sempat dipenjara kemudian mengalami titik balik ketika bakatnya tercium oleh Puff Daddy. Kesuksesan pada usia muda membawa pada cerita yang sangat umum, harta dan wanita. Ketika belum menjadi siapa-siapa, Christopher telah memiliki anak dari seorang wanita gemuk yang biasa saja dan pada waktu menjadi superstar dari Brooklyn, Christopher menggaet penyanyi soul cantik nan sexy, Faith Evans.

Ini adalah koleksi rapper star story setelah Eminem dan 50Cent. Dibandingkan dengan dua sebelumnya, film ini masih dibawah mereka. Kurang menggigit. Kurang greget dalam alur, dan akting yang juga kebanyakan datar. Tapi, film genre ini mungkin akan cocok bagi penggemar yang sudah familiar dengan sosok The Notoriuos B.I.G. atau sudah sangat familiar dengan karyanya. Karena penulis merasa mungkin dengan mengenal terlebih dulu karya sang rapper, baru film ini akan jauh lebih mudah dicerna.

Pesan di ending cukup kuat. "Bahwa tidak ada mimpi yang tidak dapat diraih. Langit adalah batasnya". Kisah hidup Christopher Wallace adalah buktinya.

**Dan, setelah menyimak film ini, penulis baru menyadari bahwa hits lagu melodious rap I'll Be Missing You yang pernah dipopulerkan Puff Daddy duet Faith Evans adalah persembahan bagi The Notoriuos B.I.G.**

Notorious (2009) - 5/10