Skip to main content

Posts

Jodohku dibalik "mantan kekasih"-ku

Katanya pepatah, tertawa adalah obat terbaik. Dan, setelah banyak obat yang penulis minum masih juga belum fit, setelah sukses terbahak di Alon Came Polly, kini dosis komedi ditambahkan lagi lewat kekocakan Ben Stiller. 40 Tahun masih melajang. Konflik pertama menarik menyindir. Kemudian menikah and, bulan madu... Lagi-lagi bulan madu menjadi komedi ala Ben Stiller. Hanya disini lebih ke serius konflik-nya. Komedinya tidak sekonyol Along Came Polly . Pesan moral lewat film ini versi penulis, kenali dulu sisi rahasia gelap pasangan kita sebelum "diikat". The Heartbreak Kid (2007) - 6/10

Victory Loves Preparation

Kalau dari konflik yang disajikan boleh dibilang menarik. Arthur pembunuh bayaran mendapat tugas "berat" membunuh kawan sendiri. Kini, Arthur harus bekerjasama dengan anak dari sang kawan tersebut. Dilema. Alur cerita biasa. Pembunuh bayaran dapat tugas demi tugas. Hanya twist lumayan di akhir. Gaya Statham masih sama disini. Bersih rapi clean hanya aksi laga tidak terlalu banyak. The Mechanic (2011) - 6/10

Memilih jalan untuk pendekatan yang keliru arah

Tema salah arah berujung petaka sudah banyak digunakan. Yang penulis dapatkan antara lain Dead End , Hills Have The Eyes , atau Wrong Turn dan film ini. Tema ceritanya sebenarnya bagus di awal. Seorang mahasiswi mencari tumpangan untuk pulang kampung namun ternyata di tengah perjalanan mendapatkan kecelakaan. Simple. Tidak berat dicerna. Namun, horor terasa kuat hanya pada sebagian film. Kurang lebih separuh. Penulis suka gaya "terdampar" di tengah cuaca ekstrim dingin dengan suasana gelap tanpa ada yang menolong. Motif "salah arah"nya juga natural dengan memasukkan unsur pemuja rahasia. Horornya juga terasa kuat dengan penampilan sekilas demi sekilas. Memasuki bagian "bapak polisi" film mood mulai terasa mengendur. ***Entah, mungkin berbicara selera penulis merasakan biasa saja pada horornya. Andai saja difokuskan pada sisi "terdampar" dan perjuangan mencari selamat, mungkin lebih terasa power horor yang berbeda. Wind Chill (

Central Midfielder

Dulu pernah membayangkan di Championship Manager menggabungkan Roy Keane dan Vinnie Jones atau Edgar Davids - Vinnie Jones dengan formasi 3-5-2 dengan dua Defensive Midfielder . Itu dulu. Disini memang nama Vinnie jadi jangkar utama. Kegarangannya di lapangan hijau ternyata dibarengi dengan akting mumpuni. Setidaknya lewat film ini. Berperan sebagai mantan pemain nasional tim Inggris, Danny Meehan, yang dijebloskan ke penjara karena aksi mabuk-mabukannya sembari melawan polisi. Meski alur ceritanya biasa-biasa saja, yang menarik disini ada bumbu drama dicampur komedi sedikit-sedikit. Lumayan menghibur. Tampilan sport scene -nya juga termasuk berbeda. Disini sedikit lebih natural. Paling penulis sayangkan adalah Jason Statham yang "kurang jelas" maksudnya disini. Terasa sekali sebagai tempelan belaka. Posisi Statham disini sebenarnya cukup strategis bila dipasangkan real atau ex footballer . Kalau di kiper bisa Seaman, kalau di bek bisa Ashley Cole atau Phil

Harus tetap dalam cahaya

Karena bila masuk dalam gelap dipastikan "hilang". Itu horornya. Lumayan, kreatif unik beda. Warnanya dibuat senada dengan 28 Days Later atau juga I Am Legend . Yang tersisa yang bertahan. Tapi, entah kenapa, film ini ke dalam rasanya datar-datar saja. Horornya juga terasa datar. Moodless . Kurang power. Tiba-tiba gelap. Vanishing On 7th Street (2010) - 5/10

Pembalasan dari yang tak diharapkan

Begitu dibuka kesan yang tertangkap meski background temanya horor tapi tidak terasa horor malah sedikit "sakit". Seorang "dukun beranak" sedang menikmati pekerjaannya sambil merokok. Wanita pula. Alur ceritanya sebenarnya bisa atau mudah dicerna. Tidak rumit meski serentak ada 4 cerita karakter berbeda yang dilempar kemudian direkatkan tapi kaku. Horor yang ditampilkan juga lebih banyak terasa kaku. Tidak "menarik". Biasa. Apalagi dukungan dengan tema suasana visual yang lebih banyak bermain dengan kegelapan cahaya. Hanya saja beruntung menghadirkan aktris-aktris berparas molek ayu manis yang setidaknya bisa menjadi cahaya bulan di gelap malam. *** Pesan moral film ini sebagai kampanye untuk lebih menghargai nyawa tak berdosa. Dan, bila ditarik garis cerita ke dalam, alasan moral dalam cerita film ini selain alasan malu juga alasan karena uang. Lagi-lagi, uang.*** Unborn Child (2011) - 5/10

Hotel berdarah

Film yang kesannya sangat irit. Lokasi di satu tempat dan pemain sedikit. Kesan lainnya, kaku. Formula umum. Yang ditonjolkan selain hanya seksi juga bloody hotel. Jalan ceritanya sedikit bisa ditebak. Insane (2010) - 5/10