Manusia adalah binatang yang paling berbahaya

Sepertinya Movielitas harus setuju dengan penilaian di IMDB tentang film ini. (Saat ini), skor film dengan sutradara David Fincher ini adalah poin 7. Lumayan. Setidaknya bagi Movielitas, kualitas film dengan skor 7 di IMDB, rata-rata, memang bagus dan berkualitas meski tidak selalu demikian.

Tapi, jujur saja, film ini ada rekor tersendiri. Entah berapa lama Movielitas harus memutar ulang, ulang, dan ulang untuk benar-benar bisa mengikuti alur cerita film ini. Berat. Ada satu titik jalan cerita yang terasa missing story-link. Movielitas selalu kehilangan konsentrasi saat menikmati film ini, khususnya di bagian Paul Avery yang katanya menemukan jejak Zodiac dan saat Dave Toschi bersama partner-nya melayani masyarakat yang mengaku-ngaku sebagai dan tahu tentang siapa Zodiac itu. Susah sekali mencerna jalan ceritanya.

Uniknya, Movielitas hampir tidak pernah bosan mengulang sejauh ini. Memang, seperti tidak ada jenuhnya meskipun konfliknya berat, selain banyak karakter yang dimunculkan, juga background waktu kasus-nya lama sekali.

Alasannya sederhana, karena film ini merupakan cerita dari kasus kisah nyata tentang Zodiac Killer. Dan, menurut Movielitas, sepertinya tergolong unsolved case. Kasus kriminalitas yang tidak (hampir/belum) terpecahkan.

Hal lain yang membuat menarik adalah hadirnya tiga bintang besar yang beradu akting, Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, dan Robert Downey Jr. Mengapa bertiga, karena ceritanya seputar tiga karakter dengan tiga profesi berbeda yang terlibat dalam perburuan Zodiac. Ada kartunis, jurnalis, dan polisi. Begitu hebatnya obesesi mereka hingga larut dalam usaha mengungkap kasus Zodiac, mereka bertiga harus kehilangan waktu, tenaga, karir, bahkan kehidupan dibuat kacau oleh kasus Zodiac.

Film ini berusaha seadil-adilnya dalam menceritakan sebuah kasus kriminal besar pada jamannya di Amerika. Meskipun, secara samar, cerita dalam film menunjuk tersangka, namun di sisi lain juga memunculkan tersangka lain yang bobot-nya kurang lebih sama.

Bagaimana bisa, pihak kepolisian tidak menemukan satu bukti pun tentang Zodiac, meskipun ada korban Zodiac yang lolos dari kematian dan masih mengenali wajah Zodiac?

Mungkin saja, film ini selain bercerita, juga mengajak pemirsa-nya untuk tidak hanya menikmati misteri tapi juga ikut mencerna petunjuk, cerita, maupun analisa dari para pemburu Zodiac.

Overall, film ini menarik. Begitu juga dengan kasus dalam kisah nyata-nya. Zodiac, entah karena memang berkelas profesional hingga lolos dari kejaran polisi ataukah polisi yang masih kurang jeli? Entahlah. Yang pasti, secara sinematis, film ini berat dalam membangun misteri tapi tetap punya daya pikat yang menarik untuk disimak.

Zodiac (2007) - 6/10