Tiba saatnya membuka lembaran masa lalu

Sebuah sajian film dari daratan Inggris. Genre yang diusung adalah drama. Sebuah drama kehidupan yang menarik diikuti. Movielitas menyukai drama disini. Kompleks dan unik dalam konflik.

Poros utama cerita dalam film ini adalah karakter Chynthia Purley dan Hortense. Cynthia Purley adalah sosok ibu dari keluarga menengah yang bekerja sebagai buruh dan tinggal bersama putrinya. Sedangkan karakter Hortense bekerja sebagai optometrist (ahli mata) yang ingin mencari keberadaan ibu kandungnya setelah kematian ibu angkatnya.

Bagi Movielitas, kekuatan film ini adalah kualitas akting. Adalah Brenda Blethyn yang paling menonjol aktingnya sebagai Cynthia Purley. Kekuatan lainnya adalah mampu menata konflik-konflik dari karakter pendukung tanpa "mengganggu" konflik inti. Dan, terakhir tentu saja kekuatan dilema saat seorang ibu setelah sekian lama bertemu dengan anak kandung yang menjadi aib.

Kesimpulan, genre film drama kehidupan seperti disini sebenarnya bukan favorit Movielitas, tapi entah mengapa film ini punya daya tarik yang kuat untuk dinikmati sampai akhir. Entah sisi emosional dari konflik-nya atau kualitas akting para pemainnya. Tapi yang pasti, meskipun sudah menjadi film klasik, Movielitas menikmati drama dari Inggris yang satu ini. Recomended bagi para pecinta film drama.

Secret And Lies (1996) - 7/10