Kaya lewat senjata

Tentu saja banyak yang menjadi poin menarik dari film garapan sutradara Todd Phillips ini. Meski, jujur saja awalnya Movielitas salah berekspektasi tentang film ini. Hadirnya nama Jonah Hill menggiring pemahaman bahwa film ini bakal menjadi hiburan segar dengan gaya komedi ala Jonah Hill, namun keliru.

Based on true story. Ini poin utama yang menarik dari film ini. Berkisah tentang perusahaan (AEY Inc.) yang bergerak di bidang pengadaan senjata untuk militer Amerika di medan perang. Yang membuat kasus ini menjadi heboh saat itu adalah usia pendiri perusahaan AEY Inc. ini yang masih muda belia. Tentang bagaimana cara kerja David Packouz dan Efraim Diveroli bisa menjalankan bisnis senjata ini, Movielitas mendapatkan kesulitan memahami secara pasti, hanya terkaan ilustrasi saja bahwa mereka seperti perantara antara pemasok dan pembeli.

Ada Jonah Hill, Miles Teller, dan spesial Bradley Cooper. Tentu saja menarik, karena mereka bertiga paling tidak pernah punya karya-karya film yang box office.

Dari sisi cerita, alur ceritanya biasa saja. Hanya yang memberatkan adalah sistem jual beli senjata yang "sulit" dicerna (bagaimana bisa menembus sumber informasi di website pemerintah).

Tapi, dari sisi entreprenuer-nya, film ini mungkin bisa dibilang memiliki pesan tersendiri dari karakter David Packouz. Berangkat dari tenaga pijat kemudian banting setir menjadi jutawan dengan menjadi perantara senjata yang melewati banyak rintangan beresiko nyawa. Namun, mungkin di satu sisi, pergerakan karir David Packouz membangun kewiraswastaan berada di jalur yang keliru di mata hukum.

War Dogs (2016) - 6/10