Prank Gone Wrong

Film yang berat tapi menarik. Based on true events. Ini menarik-nya. Menceritakan tentang eksperimen nyata, yang berbuntut keliru.

Yang memberatkan adalah sulitnya menemukan maksud dan tujuan eksperimen yang dilakukan oleh seorang profesor di kampus Stanford ini. ***Setidaknya kesulitan ini untuk Movielitas.

Versi Movielitas, eksperimen yang dilakukan ini memang di luar zona umum. Melemparkan "lowongan kerja" bermain simulasi penjara dengan upah 15 Dollar per hari sebagai tahanan dan sipir.

Bila diruntun akhirnya ditemukan sederhana akar masalahnya, yaitu mengapa ada orang yang bersedia dijadikan kelinci percobaan untuk dipenjara tanpa sebuah kasus hukum dan tanpa didampingi pengacara. Jawabannya adalah uang. Demi uang, rela melakukan apapun dan menjadi apapun.

Tapi, tetap ada hal yang bisa dijadikan pelajaran dari kisah eksperimen oleh Prof.Philip Zimbardo ini yaitu tentang jenis-jenis psikologi manusia. Ada jenis superior, ketika diberi kewenangan berlagak menjadi koboi. Ada jenis emosional yang tak kuat menghadapi tekanan. Ada jenis emosional namun lembut dengan menangis saat menerima tekanan. Ada jenis sopan saat menerima tekanan.

Diantara banyak karakter, paling favorit untuk Movielitas adalah tahanan nomor 2093 dan 416 yang kemunculannya terlambat. Khusus untuk 2093, jenis karakter tenang dan tangguh, calm but tough, ini bisa menjadi pesan inspiratif untuk siapapun saat menghadapi tekanan. Bahkan alasan dari "2093" mengikuti lowongan eksperimen ini paling masuk akal, yaitu untuk biaya kuliah. Lewat karakter tahanan nomor 2093 ini ada pelajaran hidup untuk tetap bersikap tenang, ikuti arus namun tetap punya prinsip agar tak hanyut, dan jadilah kuat.

Keseluruhan, sajian cerita yang (sebenarnya) konyol tapi ada benarnya. Sebuah eksperimen sindiran kepada hidup. Kadang nilai hidup manusia adalah melakukan apapun demi materi. Dan, ketika menerima tantangan, reaksinya ada rasa frustasi, mengeluh, tersiksa, bahkan ada yang "menikmati" prosesnya.

Salah satu quote yang sangat menarik buat Movielitas dari film ini adalah bahwa tidak ada penjara hanya sebuah lorong dan ruangan dalam kampus yang disimulasikan menjadi penjara. Quote ini bagi Movielitas dapat diartikan luas bahwa ketika terpenjara oleh masalah, sejatinya hanya sebuah "penjara buatan".

Meskipun agak "berat" dicerna dari sisi tujuan dan maksud dari eksperimen penjara simulasi ala Prof. Philip Zimbardo, tapi masih ada sisi pelajaran hidup yang menarik untuk bisa direnungkan serta dipelajari.

**Movielitas melihat (seharusnya) ada sedikit yang "kurang" dari eksperimen ala Prof. Philip Zimbardo, yaitu tidak ada pertukaran peran. Bagaimana bila para sukarelawan tahanan berganti peran menjadi sipir dan sebaliknya selama 6 hari berikutnya....

The Stanford Prison Experiment (2015) - 7/10