Mitos reinkarnasi cinta

Film ini adalah film milik Jackie Chan yang masuk dalam kategori berat dari segi cerita. Jarang terjadi, umumnya gaya film Jackie rasanya ringan gampang dicerna.

Ada lebih dari dua kali mencoba menyimak film ini, jatuh-jatuhnya memang berat. Mungkin karena faktor ada dua kisah yang dijalankan secara bergantian dalam satu film.

Disini Jackie berperan sebagai Jack seorang arkeolog yang mempunyai misi mencari barang kuno yang dipercaya memiliki "kekuatan" untuk dieksploitasi di jaman modern. Di sela-sela fungsinya sebagai arkeolog, Jack mengalami penglihatan mimpi seputar jati dirinya pada masa lalu sebagai Jenderal Meng Yi.

Akhirnya film berjalan dinamis dengan gaya ganti-ganti setting waktu. Jaman kerajaan berpindah ke jaman modern, berpindah lagi ke jaman kerajaan, lalu balik lagi ke modern. Yang paling berat untuk Movielitas adalah apa yang dipermasalahkan dalam kisah seputar kehidupan sang Jenderal Meng Yi, karena rasanya sulit mengenali karakter dengan pakaian serta topi prajurit kerajaan.

Selain setting-an waktu cerita, film garapan sutradara Stanley Tong ini juga merupakan paduan antara Mandarin dan beberapa pemeran dari Korea.

Hal yang menarik adalah disini Jackie ingin menunjukkan kapasitasnya sebagai aktor yang tak hanya pandai menghibur pemirsa lewat komedi laga, tapi juga dengan ber-akting serius. Yang Movielitas rasakan, karakter Jenderal Meng Yi diperankan Jackie secara serius, hampir tidak ada unsur komedi. Sebaliknya, karakter Jack adalah karakter ciri khas Jackie selama ini yaitu lincah dalam beladiri namun masih sempat melucu.

Keseluruhan, cukup menghibur. Tidak seratus persen komedi namun juga ada aroma drama kerajaan. Dan, satu yang menjadi ikon film ini adalah lagu soundtracknya yang sangat easy listening. Theme song utama-nya dibawakan dalam dua bahasa sekaligus, bahasa Mandarin dan Korea, oleh Jackie Chan duet dengan aktris Korea, Kim Hee Sun yang juga ikut bermain membawakan peran Putri Ok Soo. Soundtracknya bisa dicari di Youtube dengan judul Wujin De Ai atau Endless Love.

The Myth (2005) - 6/10