Menjemput impian menggapai awan

Banyak yang menarik dari kisah dalam film garapan sutradara Robert Zemeckis ini. Yang utama, kisah yang diangkat adalah kisah nyata akrobatik yang terjadi pada tahun 1974, tepatnya di pembangunan menara World Trade Center, Philippe Petit melancarkan aksi "kudeta" dengan berjalan dari menara 1 WTC ke menara 2. Dan Philippe melakukan aksinya di atas kawat di puncak menara.

Gaya ceritanya unik. Santai dengan teknologi visual berkelas. Gaya pergerakan kamera dan pengambilan gambarnya juga bagus sekali. Keren. Sekilas musik score-nya seperti Ocean Eleven...

Disini berlaku hukum alam, journey is everything not destination. Berakrobatik di antara 2 gedung tinggi, entah dengan ijin resmi ataupun tidak, tentu sudah pasti menegangkan. Namun, justru poin yang menonjol atau porsi cerita terbesar di film ini adalah perjalanan Philipe menuju "kudeta"-nya. Dan, akrobatik ala Philippe Petit ini dilakukan tanpa ijin resmi atau ilegal.

Banyak hal yang ingin disampaikan oleh film ini. Mulai sekilas siapa Philippe Petit, awal karir seorang Philippe sebagai High wire artist, lika-liku persiapan pertunjukan hingga pertunjukan utama Philippe yang menyebar ke dunia.

Pesan moral film ini adalah seputar menangkap passion serta mewujudkannya. Lewat kisah Philippe ini ada lampu inspirasi keberanian manusia dalam mengambil keputusan hidup, percaya pada mimpi, dan tidak sekedar menjadi seniman yang berorientasi pada segepok materi semata. Menurut Movielitas, karakter Philippe dalam memutuskan karir akrobatik serta kejadian di menara WTC lebih dilandaskan pada kepuasan batin seorang seniman karena dilakukan tanpa ijin resmi dan tanpa sponsor apapun.

Keseluruhan, keren. Akting Gordon Levitt's berkelas. Visual efek-nya menarik, ceritanya ringan sekaligus menginspirasi tentang jiwa seniman dalam setiap manusia untuk berkarya apapun sesuai passion tanpa orientasi materi semata melainkan batin.

The Walk (2015) - 8/10