Kebingungan dalam menentukan arah kelamin

Film ini mengambil latar belakang kehidupan di negara Denmark pada tahun 1920an. Menyorot kehidupan sepasang suami istri yang sama-sama mencintai dunia seni lukis.

Berisi kisah kehidupan nyata (biografi) dari seorang pria, bernama Einar Wegener yang unik sekaligus penuh dilema. Pada satu titik dalam kehidupannya, Einar merasakan kebingungan jati diri meskipun telah menikah dengan Gerda. Ada kepribadian lain yang muncul dari dalam diri Einar dan secara sadar Einar pun memainkan dua peran jati diri berbeda dalam kehidupannya.

Lili, adalah jati diri lain yang disandang oleh Einar. Dan, dalam beberapa kali sosok Lili ini menjadi model lukisan bagi Gerda. Di luar dugaan, justru lukisan dengan model Lili mendapat respon bagus di mata kalangan pecinta seni lukis. Di satu sisi, Gerda harus berjuang untuk "menghentikan" peran perempuan Lili yang terlanjur merasuk dalam jiwa suaminya.

Einar, yang kemudian berganti nama dengan Lili Elbe tercatat dalam sejarah dunia medis sebagai salah satu pasien yang melakukan operasi penggantian kelamin. Bagi penulis pribadi sebagai awam cukup mencengangkan, mengingat jenis operasi yang dipilih oleh Einar ini tentunya bukan operasi dengan peralatan atau teknologi yang biasa di masa itu. Dan, ternyata pada masa itu, operasi penggantian kelamin sudah bisa dilakukan.

Salah satu yang menarik perhatian dari kisah Einar Wegener ini juga adalah sosok Gerda yang berbesar hati menerima keputusan suaminya berganti kelamin. Gerda pun mendukung keresahan Einar yang merasa bahwa dirinya adalah jiwa perempuan yang terkurung dalam fisik pria. Penulis berpendapat Einar adalah sosok pria yang sangat beruntung memiliki istri seperti Gerda.

Hal lain yang cukup menonjol dari film garapan sutradara Tom Hooper ini yang tak terbantahkan adalah kualitas akting Eddie Redmayne yang memerankan sosok Einar Wegener. Luar biasa "keberaniannya" dalam berakting sebagai pria sekaligus bergaya layaknya perempuan.

Terakhir, pemandangan alam kampung halaman Einar benar-benar cantik memikat mata memandang.

Keseluruhan, sebuah sajian drama biografi yang cukup menarik dan bagus dari sudut cerita dengan kualitas akting sang aktor yang hebat.

The Danish Girl (2015) - 7/10