Dark Scientist

Yang paling membuat penasaran saat searching dan mendapatkan sekilas info film ini adalah nama Liam Neeson dan Sam Riami.

Setelah terjawab rasa penasaran itu hasilnya adalah klasik. Meskipun sekilas judulnya seperti judul-judul superhero, tapi (sepertinya) tidak ada unsur superhero di dalamnya. Hanya saja tetap ada unsur kostum khas.

Meskipun menurut data diklaim bahwa film ini adalah film karakter superhero yang diciptakan oleh Sam Riami sendiri, tapi kurang begitu menonjol citarasa-nya. Yang paling menonjol "kekuatan" dari superhero, bertopeng kain perban karena kerusakan wajah, ini adalah ilmuwan. Selebihnya untuk urusan kekuatan fisik atau kemampuan bertarung, malah kurang begitu menonjol jika dibandingkan seperti karakter Liam di Taken.

Untuk urusan "kain perban", ada hal sedikit yang menarik perhatian penulis. Bentuk luka yang "dimiliki" oleh karakter Harvey Dent di The Dark Knight, ternyata sudah dipakai di jaman 90an. Bentuk luka yang dipakai oleh karakter Peyton Westlake disini sekilas mengingatkan pada karakter Harvey Dent.

Untuk ukuran saat itu (1990) mungkin teknologi film ini sudah terbilang canggih. Tapi bila dikondisikan dengan jaman sekarang, tentu saja berbeda jauh. Terlihat sekali teknologi yang masih "kasar".

Penampilan Liam meski sama-sama harus beraksi laga, tentu saja berbeda dengan jaman film Taken. Justru penampilan gaek Liam di Taken lebih jauh menarik ketimbang dengan penampilan muda-nya disini.

Dari unsur alur ceritanya, tampilan karya Sam Riami ini masih terbilang juga klasik. Tidak terlalu istimewa. Mengikuti gaya cerita film superhero umum. Karakter utama disakiti lalu balas dendam. Hanya ada pemanis selipan drama percintaan.

Darkman (1990) - 6/10