Bukanlah uang melainkan pengakuan dan permintaan maaf

Dari awal penulis suka gaya film drama ini. Alasannya simple, based on true story. Lalu, John Travolta juga menjadi salah satu unsur pendukungnya. Dan, ada salah satu quote dalam narasi film, lawsuits are war...

Ya film ini layaknya film drama peperangan tanpa di medan perang, melainkan peperangan dalam ranah hukum. Menarik tapi sayangnya agak "susah" mencerna bahasa hukum di sana. Rumit untuk ukuran awam ini.

Yang pasti, penulis suka gaya John Travolta. Lalu, ada lagi...Robert Duvall. Entah mengapa, tapi bagi penulis penampilan akting Robert Duvall sebagai pihak oposisi dari Travolta sangat luar biasa. Keren. Mereka mampu menciptakan suasana perang tanpa memanggul senjata api. Nice.

Satu hal yang penulis kurang sreg. Alur ceritanya memang berjalan klimaks, tentang seorang pengacara dari firma hukum berskala "kecil" yang sukses dan menjadi kaya, harus jatuh bangkrut karena membela kebenaran. Tapi, justru antiklimaks di sisi penghabisan. Tidak ada pukulan mematikan dari karakter lakon. Hanya tulisan demi tulisan keterangan saja.

Keseluruhan, paling menarik adalah penampilan akting-akting berkelas dari para aktor. Beberapa ada humor cerdas. Ceritanya menarik bila mengerti hukum. Hanya ending-nya yang kurang dijabarkan.

A Civil Action (1998) - 6/10