Bahkan makhluk luar angkasa pun tahu arti kejujuran

Ketika film ini dibuka dengan lambang khas Columbia Pictures ada penilaian tersendiri ke aktor Stephen Chow.

Ternyata, ada aktor Asia yang tidak hanya bermain sebagai pemeran utama dalam film Hollywood atau menjadi sutradara. Stephen Chow bahkan dipercaya sebagai sutradara sekaligus aktor disini.

Ekpektasi awal film ini akan sejajar terutama dalam kualitas komedi-nya dengan Shaolin Soccer atau Kungfu Hustle yang juga menembus Hollywood. Namun, kurang begitu tepat sasaran. Film ini lebih terasa drama. Ada komedi pastinya tapi kurang seheboh Shaolin Soccer ataupun Kungfu Hustle.

Beberapa gaya pengambilan gambar serta efek-efek visual yang dipakai untuk menciptakan komedi, masih mirip-mirip dengan Shaolin ataupun Kungfu Hustle. Demikian juga dengan beberapa aktor yang ditampilkan juga masih sama.

Perbedaannya adalah Stephen disini tidak sebagai pemeran utama atau setidaknya porsi penampilannya tidak besar. Melainkan bintang cilik saat itu, Xu Jiao, yang menjadi karakter poros dari cerita. Bisa dikatakan juga Stephen juga tidak terlalu tampil konyol bahkan serius dengan karakter ayah yang selalu mendidik anaknya untuk belajar giat dan jujur dalam kemiskinan.

Yang menonjol dari film ini tetap pada sisi pemakaian efek-efek visual yang halus dan menarik seperti salah satunya penampilan karakter imut CJ7.

Keseluruhan, film ini lebih terasa drama. Dan kurang terasa komedi karena memang porsi Stephen tidak terlalu besar di dalamnya.

CJ7 (2008) - 6/10