15 Juli


Nice movie. Great drama here.

Keren. Sajian drama dengan citarasa manis legit.

Berkisah tentang pria dan wanita, Dexter dan Emma, yang dipertemukan di tahun 1988. Mereka lulus sekolah. Mereka tidur bersama lalu berpisah dengan janji tetap berteman.

Film kemudian berjalan dari tahun ke tahun secara terpisah. Dexter memiliki jalan hidup berliku naik-turun. Mencicipi dunia percintaan dengan beberapa wanita. Sempat berkarir di dunia selebrtiti dan terkenal. Bahkan sudah berumah tangga dan memiliki seorang anak.

Di jalan cerita yang lain, Emma pun sibuk berkarir. Mulai dari pramusaji restoran yang unik dan keren (penulis suka sekali dengan gaya restorannya). Lalu menjadi guru dan penulis novel. Sama hal-nya dengan Dexter, Emma pun sempat menjalin hubungan dengan pria lain bahkan sempat hidup bersama dengan seorang artis komedi stand-up.

Meski sibuk berkarir, Emma dan Dexter tetap menjalin komunikasi. Dan perlu 15 tahun akhirnya mereka mencapai jenjang sebuah pernikahan. Saling mencintai dan saling menerima keadaan masing-masing tanpa melihat masa lalu mereka apakah kaya atau miskin, perjaka atau perawan, duda atau janda. Mereka hanya saling mencintai. That's all. (gaya cinta seperti ini tentu saja sensitif buat kemunafikan lokal).

Bagi penulis, yang terasa kurang adalah soundtrack. Mungkin akan lebih tajam dan emosional bila tahun ke tahun diselingi dengan hits musik saat itu. Mungkin di tahun 90an bisa diisi dengan lagu Bryan Adams, atau Roxette, atau Cranberries. Di tahun 2000, bisa dimasukkan lagu Michael Jackson, Eminem, atau Linkin Park. Fungsinya memperkuat tampilan pada tahun berjalan.

Dari sisi make-up artist cukup lumayan. Anne Hathaway dibuat menjadi seperti anak sekolahan, lalu menjadi gadis belia jelita, dan wanita karir yang modern. Begitu pula dengan make-up aktor Jim Sturgess.

Menariknya lagi, meski film berjalan dengan dua cerita kehidupan antara jalan hidup Dexter dan Emma, tapi diolah dan diatur dengan seimbang dan sinkron. Tidak membingungkan. Juga tidak membosankan. Cerdas dalam merangkai cerita.

Endingnya, un..be..lieve..able!! So dramatic.

Nice drama.

One Day (2011) - 7/10