The Legend of Ramadi




Jangan sampai terlintas karakter Phil "The Hangover" dalam film ini. Karena disini Bradley Cooper "disulap" menjadi anggota SEAL dengan fisik tinggi besar dan berjanggut.


Yang membuat film ini semakin menarik adalah dramatis nya. Film ini diangkat berdasarkan kisah tokoh nyata. Tentang seorang pria dari Texas yang memilih berkarir di dunia militer dan dikirim ke medan tempur Iraq. Prestasi Chris Kyle adalah menjadi sniper - penembak jitu Amerika dengan tingkat akurasi yang mumpuni dan jumlah korban tidak hanya puluhan yang berhasil dilumpuhkannya. Kehebatan Chris dalam menembak membuat dirinya mendapat julukan The Legend.

Film ini dominan menceritakan tentang "sedikit" petualangan Chris dalam tour of duty di Iraq selama empat kali. Sisi samping menceritakan sedikit kehidupan rumah tangga. Sisi samping lainnya film ini juga mengangkat kisah "Juba" atau disini memakai nickname Mustafa.

Sedikit tentang Mustafa / Juba adalah seorang sniper dari Iraq yang dikenal lewat video dokumentasi online-nya melumpuhkan prajurit Amerika.

Versi penulis, film ini mungkin dibungkus dramatis untuk menceritakan tentang perburuan Chris adu ketajaman menembak dengan Mustafa. Porsi lainnya untuk kisah "kelam" Chris dibalik prestasi militernya. Trauma perang membuat seorang Chris Kyle menjadi sosok berbeda saat kembali ke tengah keluarga kecilnya dari neraka perang Iraq. Setidaknya itu yang disaksikan oleh sang istri.

Akan tetapi, ada jauh yang lebih dramatis daripada kisah seputar penembak jitu Chris Kyle ini. Karena medan perang tidak hanya membawa neraka pada saat pertempuran terjadi tapi juga setelah usai.

Secara garis besar film ini menarik. Alur ceritanya enak diikuti dan tidak kaku. Yang sedikit kurang terasa adalah porsi perjuangan Chris Kyle melawan trauma pasca pertempuran Iraq untuk kembali ke keluarganya.

Situasi neraka perang digambarkan dengan detail yang mumpuni. Akting Bradley Cooper sebagai karakter utama juga berkualitas. Kualitas sentuhan Clint Eastwood memoles dan memadukan kisah pertempuran Iraq dengan sisi drama di dalamnya, memang menegaskan kapasitas-nya sebagai sutradara film-film berkelas tinggi.

American Sniper (2015) - 7/10