Berteman dengan konsep Video On Demand

Sistem hiburan di televisi konvensional adalah susunan acara telah ditentukan oleh stasiun televisi dan pemirsa tidak punya pilihan lain, kecuali menekan tombol off, untuk memilih tayangan yang akan ditonton. Melalui internet, kini hadir sistem hiburan khususnya tayangan film dengan konsep digital dimana pemirsa dapat memilih sendiri film apa yang ingin dinikmati.

Konsep video on demand hadir dengan konsep (versi awam) rental / menyewa online, download, dan streaming. Ada pun untuk menikmati layanan VOD bisa didapatkan dengan gratis atau berbayar. Dan, yang menjadi fitur unggulan dari konsep VOD ini adalah kebebasan dalam memilih tayangan film.

Penjelasan di atas adalah penjelasan sederhana dimana Movielitas sendiri hingga saat ini belum pernah mencoba aplikasi yang mengusung konsep VOD. Sebuah sumber mengatakan bahwa konsep VOD dapat dikatakan "sedang berkembang" di negara ini.

source : muvi.com
Paling susah dicerna adalah fasilitas menonton streaming untuk ukuran film (baik itu film ataupun serial 1 episode). Karena sistem internet saat ini masih menggunakan aturan kuota yang serba dibatasi. Berapa banyak kuota yang akan dikorbankan untuk menonton film streaming? Hingga saat ini masih belum mendapatkan jawaban yang pas.

Bicara soal "hiburan" dengan konsep on demand (bebas pilih), Movielitas (saat ini) lebih memilih konsep ala Youtube. Alasannya:

1. Sama-sama memiliki kebebasan memilih tayangan hiburan.
2. Lebih luas cakupan hiburannya. Tidak terbatas dengan dunia film.
3. Durasi lebih minimalis. Dengan kata lain bisa mendapatkan hiburan dengan menyesuaikan keterbatasan kuota dan device.

Bicara soal tayangan film, Movielitas saat ini juga masih menikmati dengan konsep kuno yaitu offline, terutama dikarenakan faktor device yang belum mumpuni untuk ber-streaming.

Sebagai penikmat film ke depan akan ada konsep VOD ini yang diusung secara nasional dan bisa diakses melalui layar kaca televisi tanpa aturan device. Jadi, siapapun bisa menikmati hiburan tayangan film meskipun tidak berlangganan tv kabel ataupun tidak memiliki smartphone.

Apapun sarananya, keep watching cinemas...

No comments:

Post a Comment