Always hear your instinct, honey...


Sebuah film drama misteri pembunuhan dengan aneka konflik yang diolah dengan sangat baik. Ada konflik drama permainan cinta, konflik profesi, misteri kasus pembunuhan, dan ditaburi sedikit nuansa horor.

Setiap karakter dalam film ini memiliki peran kuat dan saling terhubung dalam satu kasus pembunuhan Jessica King.

Dimulai dari Annie sebagai poros utama cerita yang memiliki profesi sebagai cenayang. Atau fortune teller. Atau juga peramal. Profesinya ini membawa beberapa resiko ke dalam kehidupan Annie sebagai single parent. Salah satunya adalah Donnie yang merasa terganggu dengan ramalan Annie seputar rumah tangganya. Perilaku beringas Donnie kepada wanita berujung pada status tersangka pada kasus pembunuhan Jessica King.

Misteri siapa pembunuh Jessica dijabarkan dengan kaitan antar karakter yang kompleks. Annie terlibat karena profesinya sebagai cenayang yang diharapkan bisa membantu memecahkan kasus. Wayne, sang suami Jessica. Donnie terpaksa terlibat karena mayat Jessica ditemukan di area rumahnya. Bahkan, sang jaksa penuntut umum pun terlibat, karena punya affair dengan Jessica. Semakin menarik, karena di satu sisi Jessica adalah petualang cinta dengan 3 lelaki sekaligus.

Sebenarnya ada satu karakter yang berdiri di area abu-abu sepanjang cerita. Tidak ikut terkait, namun pada akhirnya harus "dilibatkan" tapi dengan cara yang cerdas.

Sisi lain yang menarik dari film garapan sutradara Sam Riami ini adalah jajaran pendukungnya. Cate Blanchett, Giovanni Ribisi, Keanu Reeves, Katie Holmes, Greg Kinnear, Hillary Swank, dan J.K.Simmons. Di antara mereka penampilan akting yang banyak mencuri perhatian adalah Cate Blanchett dan Keanu Reeves.

Keseluruhan, Kedalaman lika-liku konflik cerita diperkuat dengan kualitas akting para pemain, membuat film misteri ini sangat menarik disimak. Rangkaian alur ceritanya mampu membangkitkan rasa penasaran dengan teka-teki siapa pembunuh Jessica King sebenarnya.

The Gift (2000) - 7/10