Tips Menulis Kreatif ala Movielitas

Membuat video itu ternyata melelahkan. Tapi tetap harus dicoba. Kali ini penulis mencoba membuat video dengan tema Menulis Kreatif.

Soal tema, intinya untuk memulai menulis kreatif (atau bisa juga mengatasi kebuntuan saat menulis) versi sendiri adalah mencari inspirasi dari hal sekitar (pengalaman) dengan memanfaatkan indera sendiri. Menulis dari apa yang kita dengar, lihat atau rasakan. Setelah mendapatkan inspirasi bahan tulisan, lalu bisa dikembangkan dengan rumus 5W+H, apa-kapan-siapa-dimana- atau bagaimana.

Kadang, penulis juga mengalami kejenuhan total, beberapa cara untuk memecahkannya antara lain, mendengarkan musik atau menonton film. Bisa juga dengan melakukan rekreasi untuk membuka wawasan baru. Tidak lupa juga, untuk mengendurkan ketegangan mencari inspirasi dengan beristirahat.

Soal video, karena keterbatasan alat rekam, sementara ini hanya bisa memakai cerita gambar (dibuat sendiri dan 1 gambar dari free stock milik youtube). Diolah dengan alat editor milik youtube sendiri hingga berdurasi total 2 menit 13/14 detik (Versi Revisi)

Agar tidak "kering" ditambahkan dengan single singkat yang diambil dari album band digital besutan sendiri, Elek Yo Band.

Keseluruhan, sejelek apapun hasilnya, selalu dilakukan dengan niat positif dan give the best.

Versi Original:

5 comments:

  1. Iya sih, kalau kita menulis akan sangat baik jika mempertimbangkan 5 W + 1 H. Termasuk mengecek kevalidan sebuah berita. Great post bro...

    ReplyDelete
  2. 5W 1 H, walaupun sdh diajari ini sejak SMP tp implentasinya masih belepotan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ini, selalu inget tapi implementasinya lupa

      Delete
  3. Nah aku juga kalau udah jenuh suka mendengarkan musik dan nonton film. Terus mood nulisnya balik lagi

    ReplyDelete
  4. Boleh dikatakan 5w+1h ini adalah rumus utama menulis non-fiksi ya.

    ReplyDelete