Sebuah cahaya lampu kecil di antara gelapnya pesta olahraga bergengsi


Film yang membuat diam. Tidak ada komentar. Kecuali miris dan perih.

Football (versi Amerika) adalah olahraga yang sangat polpuler tentunya di Amerika. Tidak sedikit penggemar dan tidak sedikit yang bermimpi menjadi bintang football.

Namun, di balik hingar bingar olahraga tersebut ada sebuah kenyataan bahwa olahraga football merupakan olahraga yang keras. Saling membenturkan diri. Sekujur tubuh adalah senjata untuk meraih angka dan menang. Pada saat kemenangan tiba, nama besar, harta, kemewahan, penghargaan, dan kebanggaan didapat. Dan saat semua itu berlalu, sebuah akibat telah menunggu.

Salah satu akibat yang ditemukan adalah penyakit "gegar otak". Penulis kurang paham soal medis, jadi hanya mengambil secara umum. Sepertinya tidak ada kejutan, karena melihat gaya olahraga football tersebut, memang mendekati resiko sakit seperti gegar otak.

Yang menarik adalah, hanya sedikit orang yang ternyata baru menyadari. Dan, semakin sedikit orang yang setidaknya peduli memberitakan sebuah bahaya dari aktifitas manusia. Salah satunya adalah Dr. Bennet Omalu.

Semakin menarik karena Dr. Bennet Omalu ini adalah keturunan Nigeria yang hidup di Amerika. Bahkan Dr.Bennet Omalu bukan penggemar football atau mungkin tidak pernah mengerti olahraga football Amerika.

Semakin tambah menarik, film ini berdasarkan kisah nyata....

Mengetahui film ini sekaligus sambil belajar sejarah bahwa masih ada jiwa yang berani memerankan panggung David versus Goliath di hidupnya. Salut. Luar biasa.

Template film ini memang umum. Seperti kebanyakan film biografi yang lebih menonjolkan pesan moral dan karya, film ini menggebrak dengan menceritakan kebenaran yang ironisnya dicintai banyak orang dan telah terlanjur menjadi bisnis besar untuk skala nasional.

Dr. Bennet Omalu, berdiri sekaligus memberi saksi tentang bahaya olahraga football. Khususnya di Pittsburgh Amerika. Awalnya Dr. Omalu mendapat perlawanan biasa dari rekan sekerja, kemudian berkembang menjadi ukuran lingkungan, berkembang lagi menjadi melawan kota, dan puncaknya ketika Dr.Omalu melawan organisasi olahraga bergengsi, NFL.

Membuat perubahan sesulit apapun untuk kehidupan yang lebih baik, sekecil apapun tentu akan berarti. Seperti jejak Dr.Omalu, suara kecilnya di antara hingar bingar gemuruh riuh sorak sorai bisnis olahraga bergengsi Amerika ternyata didengar hingga ke telingan lingkungan istana Washington D.C.

Sangat menginspirasi karena bukan benefit package yang menjadi tujuan Dr.Bennet Omalu dalam menyumbangkan ilmu medisnya di Amerika. Melainkan kepedulian.

Concussion (2015) - 7/10