Perang dalam lingkaran obat terlarang


Film dokumenter yang disutradarai oleh Matthew Heineman ini mengambil tema seputar bisnis drug atau obat terlarang di daerah Michoacan, Meksiko.

Film ini menurut data telah meraih banyak penghargaan, dan menurut penulis cukup wajar karena dokumenter yang disajikan sangat gamblang dan membuat miris.

Miris karena begitu kompleksnya dunia bisnis drug yang terjadi di kota itu, dan secara berani film ini menyajikan cerita serta kejadian dari pihak narasumber yang terlibat langsung.

Film ini dibuka dengan adegan pembuatan obat terlarang serta sedikit wawancara. Kemudian berlanjut dengan cerita dari pihak yang setidaknya "terlihat" sebagai pihak kontra drugs. Ada 2 tokoh utama yang di posisi kontra drugs ini, yaitu Jose Mireles pejuang lokal dan Tim Foley sebagai penjaga perbatasan Amerika-Meksiko.

Drug tidak hanya melahirkan kenikmatan dan uang semata tapi juga kondisi lingkungan kota yang menjadi neraka perang antar saudara sendiri. Senjata dengan sangat mudah tersebar dan dimiliki. Atas nama perlawanan terhadap drugs dan kehilangan kepercayaan terhadap hukum negaranya sendiri, rakyat sipil Michoacan dengan mudah memiliki senjata api dan menjadi militan.

"Keberhasilan" dan keberanian sang sutradara untuk bisa masuk ke dalam lingkaran drugs war ini, meliput suasana kota Michoacan dari dekat, berdialog dari kalangan masyarakat atau korban kejahatan drugs, mengikuti perjalanan sesepuh organisasi masyarakat hingga wawancara dengan pihak pembuat drug, bahkan ikut dalam baku tembak ala gangster, memang pantas untuk di-apresiasi.

Ada satu hal yang menjadi perhatian penulis yaitu lingkaran. Yang dimaksud dengan "lingkaran" disini versi penulis adalah bagaimana drugs berputar demikian hebatnya memporak-porandakan perdamaian. Konon pemerintah bahkan ikut terlibat dalam bisnis drugs, yang kemudian dilawan oleh rakyat. Menjadi pertanyaan, bagaimana rakyat sipil dengan mudah mendapatkan senjata api? Di akhir cerita, sedikit gambaran diperjelas bahwa drugs yang disita oleh rakyat kemudian dijual untuk dana perlawanan terhadap drugs.....

Cartel Land (2015) - 7/10