Fight for equality


Film yang mengangkat tentang kisah cinta sesama jenis. Kalau di Love Is Strange disajikan kisah cinta dua manusia berkelamin pria, maka disini adalah "lawannya" yaitu wanita. Film ini menjadi lebih menarik karena berdasarkan kejadian nyata.

Film ini bukan menceritakan bagaimana panasnya percintaan antara detektif wanita dan seorang wanita pekerja montir. Melainkan sebuah drama perjuangan hak hubungan sejenis di mata hukum. Khususnya mengenai hukum warisan.

Alur cerita film terasa melompat cepat. Serba "tiba-tiba". Tiba-tiba mereka bertemu, tiba-tiba mereka bercinta, tiba-tiba setahun kemudian, tiba-tiba mereka tinggal bersama di sebuah rumah baru, dan tiba-tiba vonis sakit.

Dari sisi konflik, tidak terlalu berat, hanya mungkin karena penggunaan alur cerita yang "cepat" dari masa ke masa, akhirnya sisi perjuangan Laurel Hester hingga klimaksnya kurang begitu emosional.

Tapi, soal akting, tidak perlu diragukan lagi. Kualitas akting Ellen Page mampu memberi tandingan chemistry apik dengan seniornya Julianne Moore. Dan mereka berdua mampu membawakan karakter masing-masing dengan kualitas akting terbaik.

Freeheld (2015) - 6/10