Dilema setelah desing peluru


Sebuah sajian dari negara Denmark yang mengisahkan tentang kisah seorang Claus Michael Pedersen. Claus adalah seorang ayah sekaligus seorang pemimpin di satuan militer Denmark yang bertugas di Afghanistan.

Awalnya, harapan penulis dari film ini ada sajian baku tembak peperangan yang seru, namun semakin ke dalam cerita, ternyata film ini hanyalah sebuah drama.

Sisi yang menarik dari film ini baru terasa ketika pertengahan film. Inti dari kisah film ini adalah menyuguhkan sebuah dilema besar yang dialami oleh karakter Claus yang tidak mengira bahwa sebuah keputusan darurat di tengah baku tembak dengan pasukan terduga kubu Taliban, akhirnya berbuah kasus hukum.

Tone drama yang dihadirkan juga tidak terlalu ramai. Kalem. Tidak menggebu-gebu.

Bagi penulis, kasus yang dialami oleh Claus, tidak ada yang salah juga tidak ada yang benar. Seorang Claus hanyalah prajurit yang "diperintahkan" oleh negara berada di Afghanistan. Keputusannya untuk mendaratkan bom di rumah penduduk yang berbuah kasus hukum pun, dilandasi oleh sisi manusiawi membalas serangan, bertahan, dan demi menolong anak buah yang terluka.

A War (2015) - 6/10